Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 27 Mei 2018 | 20:34 WIB
 

Wow! Busana 'Gelap' Tangkal Sinar Matahari

Oleh : Dahlia | Selasa, 29 Maret 2011 | 13:21 WIB
Wow! Busana 'Gelap' Tangkal Sinar Matahari
girlsrockdvd.

INILAH.COM, Jakarta - Penelitian di Spanyol mengklaim bahwa busana berwarna gelap menawarkan perlindungan ekstra terhadap sinar matahari.

Para ilmuwan dari Cataluna University di Barcelona juga menyebutkan, warna-warna terang seperti putih dan kuning lebih berisiko menimbulkan penyakit kanker kulit pada seseorang.

Penelitian yang telah dipublikasikan dalam jurnal Industrial and Engineering Chemistry ini menemukan fakta bahwa jenis bahan dengan pilihan warna-warna gelap, ternyata lebih baik dalam penyerapan sinar matahari.

"Warna dan bahan katun merupakan salah satu faktor yang memiliki pengaruh luar biasa untuk memberikan perlindungan dalam melawan radiasi ultraviolet," ucap Dr Ascension Riva, ilmuwan yang memimpin penelitian.

Dalam penelitiannya, para ilmuwan menaruh bahan katun ke dalam tiga larutan berwarna merah, biru dan kuning. Mereka kemudian mengukur kemampuan menyerap sinar UV dari masing-masing bahan tersebut.

Hasilnya ditemukan bahwa warna biru gelap memiliki tingkat penyerapan UV paling tinggi, sedangkan warna kuning memiliki tingkat penyerapan paling rendah.

Dr Riva berharap dengan hasil penelitian ini, pabrik-pabrik pakaian memperoleh informasi lebih sehingga dapat mendesign busana yang bisa melindungi diri dari sinar matahari lebih efektif .

"Penelitian itu akan diberikan kepada pabrik-pabrik pakaian untuk memperbaiki perlindungan terhadap matahari pada pakaian," ujarnya. [mor]

Komentar

 
x