Jumat, 25 Juli 2014 | 08:34 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Menkeu: Kebijakan Anti Dumping Perlu Bukti
Headline
Menteri Keuangan Agus Martowardoyo - inilah.com
Oleh: Mosi Retnani Fajarwati
ekonomi - Selasa, 5 April 2011 | 09:04 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta - Pemerintah bakal keluarkan kebijakan anti dumping bila ada produk-produk dari luar negeri yang dengan sengaja dumping membahayakan industri nasional.

"Kalau seandainya itu terjadi tentu Indonesia perlu merespons dengan mengeluarkan kebijakan-kebijakan anti dumping," ungkap Menteri Keuangan Agus Marto ketika dikonfirmasi mengenai keluhan kalangan industri nasional mengenai tidak adanya reaksi pemerintah terkait penerapan bea masuk anti dumping (BMAD) dan pengenaan bea masuk tindakan pengamanan sementara (BMTPS/ safeguard) terhadap 58 produk Indonesia yang dikenakan Pemerintah Turki, di DPR RI, Senin (4/4).

Ia menyatakan, hal tersebut akan dilakukan bila ada produk-produk dari luar negeri yang dengan sengaja dumping membahayakan industri nasional.

Hingga kini Peraturan Menteri Keuangan (PMK) untuk antisipasi anti dumping masih belum dikeluarkan, kendati telah ada rekomendasi Menteri Perdagangan kepada Menteri Keuangan itu tertuang dalam surat No. 2017/M.DAG/12/2009 tertanggal 31 Desember 2009. Dalam rekomendasi mendag tersebut, dikatakan agar mengenakan BMAD (bea masuk anti dumping) terhadap Import Tepung Gandum/terigu dengan HS 1101.00.10.00.

Akan tetapi sampai saat ini PMK yang mengatur hal ini belum juga terbit, walau sudah menjadi keputusan untuk disetujui dalam rapat pleno antar kementrian di BKF (Badan Kebijakan Fiskal) pada bulan Juli 2010.

Menanggapi hal tersebut, ia menyatakan bahwa belum ditelurkannya PMK anti dumping sehubungan dengan belum tuntasnya pembahasan di tim tarif. "Artinya belum final di tim tarif, kalau di Kadin sudah keluar maka di tim tarif ada pembahasan. Maka kalau di tim tarif ada pembahasan sudah final maka akan dibawa ke Menteri Keuangan, dan akan disetujui Menteri Keuangan," tandasnya. [cms]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER