Rabu, 17 September 2014 | 20:30 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Pertamina Tender Pengeboran Blok Natuna
Headline
Karen Agustiawan - inilah.com /Dokumen
Oleh: Makarius Paru
ekonomi - Selasa, 1 September 2009 | 09:48 WIB
Berita Terkait
INILAH.COM, Jakarta - Pertamina sedang memilih dari delapan dokumen peserta tender, yang berminat menjadi mitra Pertamina di Natuna D Alpha.

Direktur Utama Pertamina Karen Agustiawan kepada wartawan menjelaskan sampai saat ini dokumen peserta tender yang ada di Perseroan masih delapan perusahaan peserta. Pertamina belum memutuskan siapa yang menjadi mitranya di Natuna.

"Dokumen yang bagus masih delapan perusahaan, pertamina masih mencari siapa yang penawarannya paling bagus," jelas Senin (31/8) malam, di Gedung Pertamina Pusat, menanggapi pertanyaan wartawan soal perkembangan tender pencarian mitra di Natuna.

Saat ini PT Pertamina sedang melakukan tender mencari mitra terbaiknya untuk melakukan eksplorasi di Blok Kaya Gas, Blok Natuna D Alpha, yang secara resmi telah diserahkan ke Pertamina sebagai operatornya oleh Pemerintah. Adapun perusahaan tersebut antara lain; Exxon Mobil Oil Indonesia, Total Indonesie, Chevron, Statoil. Selain itu, Shell, ENI, Petronas, dan China National Petroleum Corporation (CNPC).

Namun belum lama ini, Karen Agustiawan menemui direksi raksasa migas asal Norwegia State Oil Ltd. Hasilnya telah terjadi komitmen kerjasama, diantaranya Pertamina berkesempatan belajar dari State Oil dalam menangani project Migas besar. "State Oil sudah berkomitmen untuk membantu Pertamina dalam mengembangkan lapangan migas besar, Mereka akan bantu Pertamina bagaimana mengangani project besar, termasuk technicalnya, terutama karena Pertamina akan menjadi perusahaan besar kelas dunia," jelasnya.

Tambahnya, State Oil akan membantu Pertamina termasuk dalam menangani proyek eksplorasi Cepu. Sekali pun mereka tidak punya share di Cepu tetapi mereka bersedia membantu bagaimana menangani project besar. Ia melanjutkan, selain Cepu State Oil juga berkomitmen untuk membantu Pertamina dalam mengembangan Blok Natuna D Alpha. "Dalam waktu dekat, Pertamina akan mengirim dua orang terbaiknya, terutama dari Pertamina Hulu Energi (PHE) untuk belajar di mengelolah blok migas besar pada blok migas milik State Oil," tukasnya. [hid]
Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER