Sabtu, 20 Desember 2014 | 20:36 WIB
Follow Us: Facebook twitter
PLN Pilih 3 Pemenang Tender PLTU Jateng
Headline
inilah.com/Agus Priatna
Oleh: Tio Sukanto
ekonomi - Rabu, 25 Mei 2011 | 18:46 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta - PT Perusahan Listrik Negara (PLN) Persero mengaku telah berhasil melakukan tender PLTU 2X 1000 MW Pemalang, Jawa Tengah.

Demikian keterangan pers yang disampaikan Direktur Utama PT PLN, Dahlan Iskan di Jakarta. "Dengan demikian penetapan J-Power sebagai pemenang lelang tinggal menunggu selesainya masa sanggahan dari peserta lain serta menunggu pemeriksaan terhadap angka-angka di dalam harga tersebut," ungkap Dahlan.

Dalam tender tersebut ditetapkan J-Power (Jepang) yang berkonsursium dengan Itochu (Jepang) dan Adaro (Indonesia) sebagai yang memenuhi syarat dan dengan harga yang sangat baik, yakni 5,79 cent US$.

Tender bersejarah yang awalnya diikuti oleh belasan perusahaan internasional ini pada akhirnya hanya menyisakan 7 perusahaan yang memenuhi syarat, yakni 3 perusahaan Jepang, 3 perusahaan Tiongkok dan satu perusahaan dari Korsel. Namun saat penutupan tender 29 April lalu hanya empat perusahaan yang memasukkan penewaran, yakni Yudian dan Shenhua (Tiongkok), Marubeni dan J-Power (Jepang).

"Tender ini adalah proyek PPP (Public Private Partnership) pertama Indonesia yang berhasil dilelangkan. Pemerintah sangat mendorong diadakannya proyek-proyek PPP namun sejauh ini masih banyak hambatan. Dengan berhasilnya lelang PLTU Jateng 2x1000 MW ini, diharapkan proyek-proyek PPP lainnya seperti Bandara, Jalan Toll dan Jalan Kereta Bandara bisa mengikuti sukses PLN ini," beber dia. [hid]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER