Find and Follow Us

Rabu, 13 November 2019 | 03:54 WIB

Miliki Newmont, Tokoh NTB Harapkan Keputusan SBY

Rabu, 8 Juni 2011 | 17:53 WIB
Miliki Newmont, Tokoh NTB Harapkan Keputusan SBY
IST
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Tokoh masyarakat Nusa Tenggara Barat (NTB) mengharapkan presiden memutuskan 7% saham PT Newmont Nusa Tenggara untuk daerah.

Hal itu dikatakan tokoh dari Nusa Tenggara Barat (NTB) yaitu Ketua DPRD NTB Sujirman dan Ketua Komisi I DPRD NTB, Ali Ahmad ketika dihubungi Rabu (8/6).

"Dalam pertemuan kami bersama gubernur NTB dengan Menkoperekonomian Hatta Rajasa, Senin (6/6) ditegaskan bahwa Hatta segera akan menemui Presiden SBY agar sisa saham tersebut bisa diserahkan kepada daerah," kata Sujirman.

Presiden yang juga Ketua Dewan Penasihat Partai Demokrat diharapkan mendukung kebijakan partai yang melalui ketua umumnya Anas Urba Ningrum telah memberi dukungan penuh agar daerah bisa memiliki saham tersebut.

Lebih lanjut dia berharap Hatta Rajasa juga turut memperjuangkan agar pemerintah Pusat tidak perlu membeli saham 7 persen karena tidak akan bisa berperan. Sebaliknya, jika diserahkan pada daerah saham daerah akan menjadi 31 persen.

Harapan serupa dikemukakan tokoh lain Ali Ahmad. Dia mengungkapkan komitmen Hatta Rajasa dan kebijakan presiden dalam melihat persoalan ini akan berpaling pada kepentingan daerah. "Pak Menkeu sebaiknya berfikir bijak, bertindak adil dan berpihak pada kepentingan daerah. Bukan sebaliknya, mengumpulkan ahli hukum menggugat balik masyarakat daerah NTB. Jika ini diteruskan bukan tidak mungkin menimbulkan gejolak di daerah," ujar Ali.

Adapun komposisi saham asing dalam PT NNT adalah 31,5 persen saham milik Newmont Indonesia Limited dan 24,5 persen milik Nusa Tenggara Mining Corporation-Sumitomo.

Sedangkan, daerah memiliki 24 persen saham melalui PT Multi Daerah Bersaing (MDB) yang merupakan perusahaan patungan PT Daerah Maju Bersaing (DMB) dan PT Multicapital. Sisanya, 17,8 persen dimiliki PT Pukuafu Indah dan 2,2 persen dimiliki PT Indonesia Masbaga Investama. Dengan demikian, pemegang saham NNT dimiliki pihak asing dengan komposisi 56 persen. [hid]

Komentar

x