Selasa, 21 Oktober 2014 | 17:20 WIB
Follow Us: Facebook twitter
BI Didesak Tuntaskan FTP Dirut Bank Sulut
Headline
inilah.com /Dokumen
Oleh:
ekonomi - Minggu, 27 September 2009 | 14:42 WIB
Berita Terkait
INILAH.COM, Manado - Bank Indonesia(BI) didesak segera menuntaskan uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test (FPT) para calon direktur utama (dirut) Bank Sulut agar posisi strategis tersebut segera terisi.

Demikian diungkapkan Sekretaris Koperasi Karyawan Bank Sulut, Ricky Lintang selaku salah satu pemegang saham bank daerah ini di Manado, Minggu (27/9).

"Sudah beberapa bulan terakhir ini Bank Sulut berjalan tanpa dirut definitif, sehingga cukup mengganggu manajemen, maka kami mendesak dirut harus segera ada," urai Ricky Lintang.

Menurut Ricky, uji kepatutan dan kelayakan (FPT) yang sudah dilakukan tanggal 17 September 2009 BI, harus segera disampaikan sehingga para pemegang saham dapat segera melaksanakan hasil Rapat Umum Pemegang Saham(RUPS) tentang penetapan siapa yang menjadi dirut.

Bank Sulut, lanjutnya, sedang dalam persiapan penerbitan obligasi emisi keempat senilai Rp350 miliar, ini membutuhkan dukungan manajemen yang sehat. "Kalau dirut saja belum ada, bagaimana kelanjutan peluncuran obligasi, ini bisa mempengaruhi harga obligasi," kata Ricky.

Sebagai anggota Tim Rekap Bank Sulut tahun 1999, ia menilia, tidak masalah siapa yang akhirnya jadi dirut, karena yang paling penting harus secepatnya ditetapkan. "Melihat komposisi saham dimana 56 persen kepemilikan Pemerintah Provinsi Sulut, maka kunci siapa yang akan jadi dirut nanti secara otomatis sangat bergantung kepada Gubernur Sulut Sinyo H Sarundajang," kata Ricky.

Bank Sulut sejak Juli 2009 hanya dikomandani pelaksana tugas direksi masing-masing Jefrey Wurangian selaku Direktur Pemasaran dan Bobby Makasutji Direktur Umum serta Ridwan Nggilu Direktur Kepatutan. Dalam RUPS Luar Biasa telah ditetapkan dua calon dirut untuk mengikuti FPT- BI yakni Jantje Monalu dan Jan Mangindaan, kedua calon ini merupakan mantan pejabat eksekutif yang sudah purna tugas.

Kedua calon tersebut bila dinyatakan lulus FPT oleh BI selanjutnya akan diajukan dalam RUPS untuk menentukan siapa yang akhirnya terpilih memimpin torang pe bank. [*/san/cms]
Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER