Find and Follow Us

Selasa, 12 November 2019 | 18:27 WIB

Kenaikan Elpiji 12Kg Direstui Menko Perekonomian

Oleh : Mosi Fajarwati Retnani | Rabu, 29 Juni 2011 | 16:29 WIB
Kenaikan Elpiji 12Kg Direstui Menko Perekonomian
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Niatan PT Pertamina (Persero) untuk menaikkan harga elpiji tabung 12 kg dan 50 kg mendapat sinyal positif dari Kementerian Perekonomian.

"Dulu itu memang pernah Pertamina meminta tahun lalu, itu untuk menaikkan yang 12 kilogram. Secara corporate pola pikirnya sudah benar, tapi secara nasional semua itu harus kita dukung. Saya belum tahu apakah itu semua sudah jalan atau belum. Jangan sebentar-sebentar Menko intervensi, kan mereka punya mekanisme pasar sendiri. Kecuali yang 3 kilogram," papar Menko Perekonomian, Hatta Rajasa di kantornya, Selasa (28/6) petang.

Dalam masalah ini, Vice President Corporate Communication Pertamina, M. Harun mengatakan bahwa pihaknya akan segera menaikkan harga elpiji tabung 50 kg sebesar 10%. Kenaikan ini akan dilakukan akhir Juni 2011 ini atau awal Juli nanti.

Sementara untuk kenaikan harga elpiji tabung 50 kg bisa dilakukan tanpa meminta persetujuan pemerintah. Pasalnya, elpiji 50 kg adalah non subsidi. Pertamina mengaku selama ini tekor menjual elpiji tabung 12 kg dan 50 kg tersebut.

Sedangkan dari pihak Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan, belum merestui kenaikan harga elpiji 12 kg dan 50 kg yang diajukan Pertamina, karena khawatir akan menambah disparitas harga dengan elpiji 3 kg. [hid]

Komentar

x