Find and Follow Us

Rabu, 20 November 2019 | 13:41 WIB

PM Yunani Butuh 151 Suara Mendukung Penghematan

Oleh : Wahid Ma'ruf | Rabu, 29 Juni 2011 | 20:25 WIB
PM Yunani Butuh 151 Suara Mendukung Penghematan
IST
facebook twitter

INILAH.COM, Frankfurt - Partai berkuasa di Yunani, PASOK membutuhkan suara 151 menyetujui paket penghematan hari ini dari jumlah anggota parlemen mencapai 300 orang.

PASOK memiliki 155 kursi dalam perlemen tersebut sehingga memunculkan keyakinan voting akan mendukung rencana Perdana Menteri Yunani George Papandreou. Namun di luar gedung parlemen terjadi bentrokan antara demontran dengan polisi yang menahan aksi penolakan usulan penghematan anggaran dan privatisasi.

"Meskipun sebelumnya barisan Partai PASOK goyah tetapi mayoritas anggota partai berkuasan nampaknya memegang kendali untuk menyetujui program fiskal yang sangat diperlukan saat ini," kata Direktur Europe at Risk Consultancy di London, Wolfango Piccol yang dikutip dari yahoo.finance.com.

Papandreou mengajukan usulan penghematan anggaran mencapai 28 miliar euro atau US$39,8 miliar. Papandreou mungkin akan dikenang dalam drama sangat strategis di Yunani. Voting di parlemen akan dilakukan hari ini untuk pengehematan dan besok untuk privatisasi.

Dia yang memenangkan pemilu pada Oktober 2009 lalu harus membuktikan bahwa dengan dirinya terpilih merupakan cerminan masyarakat untuk suatu perubahan di masa depan yang lebih baik. Tetapi bukan masa depan yang lebih baik, dalam dua tahun terakhir, negara para dewa ini harus diselamatkan Uni Eropa dan IMF. Kalau tidak maka akan tenggelam dalam krisis terburuk sejak 36 lalu.

Untuk menyelamatkan negaranya, Papandreou tidak punya pilihan lain untuk mengingkari partainya yang sosialis. Dia belum dapat mewujudkan keadilan sosial dan menjauhkan diri dari privatisasi aset negara.

Komentar

Embed Widget
x