Find and Follow Us

Sabtu, 7 Desember 2019 | 13:51 WIB

Kemenhut akan Rekrut 20.000 Penyuluh Kehutanan

Jumat, 1 Juli 2011 | 16:21 WIB
Kemenhut akan Rekrut 20.000 Penyuluh Kehutanan
Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan - inilah.com/Syamsuddin Nasution
facebook twitter

INILAH.COM, Bangkalan - Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan akan merekrut 20.000 tenaga penyuluh bidang kehutanan hingga 2012.

"Tahun ini kita akan rekrut lima ribu tenaga penyuluh dan tahun depan kita akan rekrut lima belas ribu tenaga penyuluh," katanya yang dikutip dari Antara di Madura, Jumat (1/7).

Hal ini disampaikan Menhut Zulkifli Hasan saat menyampaikan sambutannya pada acara penyerahan sertifikat pengelolaan hutan lestari hutan rakyat dan kebun bibit rayat di Desa Kombengan, Kecamatan Geger, Kabupaten Bangkalan, Jatim.

Ia menjelaskan, saat ini Kemententerian Kehutanan telah melakukan penghematan anggaran sebesar Rp400 miliar. Dimana anggaran yang dipangkas yakni pembangunan yang bisa ditunda, program perjalanan dinas dan rapat di hotel.

"Kita sudah menghemat anggaran Rp400 miliar, dan dana tersebut bisa menyerap tenaga kerja agar tidak menjadi TKI atau TKW," ucapnya.

Semua ini, sambung dia, dilakukan dalam rangka mengoptimalkan kinerja pemerintah, dalam upaya melakukan penghijauan dan menjaga kelestarian hutan di Indonesia.

Menurut Zulkifli, dengan direkrutnya tenaga penyuluh pihaknya bisa menanamkan budaya sadar menanam bibit pohon terhadap masyarakat. Sehingga program penghijauan yang dicanangkan pemerintah bisa tercapai.

Ia juga menjelaskan, peran sektor kehutanan dalam menampung para TKI sangat luas, dan tidak memerlukan keterampilan atau keahlian khusus.

Sebab, menurut dia, setiap dua hektare nantinya mampu menyerap satu tenaga kerja. Sehingga jika pengelolaan hutan ditingkatkan dan bisa dilestarikan, ia yakin penyerapan tenaga kerja akan lebih banyak.

"Pemerintah juga akan mengembangkan industri pohon. Ini merupakan solusi untuk mengatasi pengangguran," ujarnya.

Acara penyerahan sertifikat pengelolaan hutan lestari hutan rakyat dan kebun bibit rayat di Desa Kombengan, Kecamatan Geger, Bangkalan, itu dihadiri para tokoh masyarakat dan kelompok tani di wilayah itu.

Wakil Bupati Bangkalan KH Syafik Rofii, serta Direktur Utama Perhutani, Haryono, serta jajaran muspida di lingkungan pemkab Bangkalan, juga hadir dalam acara tersebut.

Komentar

x