Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 26 Maret 2019 | 10:20 WIB

KESDM Akui Dilematis Bangun Industri Smelter

Oleh : Tio Sukanto | Jumat, 15 Juli 2011 | 16:17 WIB

Berita Terkait

KESDM Akui Dilematis Bangun Industri Smelter
Thamrin Sihite - antaranews.com/Rosa Panggabean

INILAH.COM, Jakarta - Pemerintah mengaku cukup dilematis terkait rencana pembangunan industri smelter (industri pengolahan barang mentah) di tanah air.

Pasalnya pembangunan smelter tersebut diperkirakan akan merugikan masyarakat dan pengusaha tambang. "Kita punya dua dilema antara kepentingan masyarakat dan pengusaha. Sebab, kalau smelter dibangun pengusaha merasa takut tidak untung. Oleh karena itu mereka lebih baik menjual barang mentah keluar negeri atau diekspor daripada menjual barang jadi," ungkap Dirjen Minerba Kementerian ESDM, Thamrin Sihite di Jakarta, Jum'at (15/7).

Thamrin menjelaskan, selain menghadapi dilema tersebut untuk membangun smelter itu juga dibutuhkan biaya yang besar dan waktu yang lama. Oleh sebab itu, untuk pembangunan smelter itu kemungkinannya kecil.

Akan tetapi pemerintah tidak begitu berkecil hati sebab pemerintah berjanji akan menarik investor asing maupun lokal untuk membangun smelter tersebut. "Kita akan undang investor untuk bangun itu," ucap dia.

Pemerintah menargetkan Indonesia sudah bisa memiliki pabrik smelter di tahunn 2014. Pabrik smelter merupakan pabrik pengolahan barang mentah menjadi barang jadi seperti emas, tembaga, nikel, batubara dan lain lain. [hid]

Komentar

x