Find and Follow Us

Selasa, 21 Mei 2019 | 03:04 WIB

Survey KADIN-Roy Morgan

Indeks Keyakinan Konsumen RI Juni Naik Lagi

Oleh : Charles MS | Jumat, 15 Juli 2011 | 17:13 WIB
Indeks Keyakinan Konsumen RI Juni Naik Lagi
Foto : ilustrasi

INILAH.COM, Jakarta - Keyakinan Konsumen Indonesia Juni naik 0,7 poin menjadi 143,9.

Angka ini berdasarkan hasil survey yang dilakukan KADIN-Roy Morgan. Dalan siaran persnya Jumat (15/7) disampaikan Keyakinan Konsumen terus menerus mencapai angka tertinggi selama tiga bulan ini. Dibandingkan setahun yang lalu yaitu di triwulan April-Juni 2010, maka kini lebih tinggi 12,6 poin. Kenaikan Keyakinan Konsumen ini disebabkan sedikit perbaikan pada pandangan masyarakat tentang kondisi ekonomi Indonesia dalam 12 bulan ke depan.

Dari segi kondisi ekonomi secara keseluruhan, 83% (naik 2 poin - rekor tertinggi) masyarakat Indonesia mengatakan bahwa kondisi keuangan Indonesia akan "baik" selama jangka waktu 12 bulan ke depan dibandingkan hanya 17% (turun 1 poin) yang mengatakan bahwa kondisi akan "buruk". Sedangkan mayoritas orang Indonesia 89% (tidak berubah) mengatakan bahwa perekonomian Indonesia akan terus "baik" selama lima tahun ke depan dibandingkan hanya 11% (tidak berubah) yang mengatakan akan "buruk".

Dalam hal kondisi keuangan perorangan, 37% (tidak berubah) masyarakat Indonesia mengatakan bahwa kini keluarga mereka "lebih baik kondisi keuangannya" dibandingkan setahun yang lalu, dan hanya 13% (tidak berubah) yang mengatakan keluarga mereka "lebih buruk kondisi keuangannya" dibandingkan setahun yang lalu. Ditambah lagi, 52% (turun 1 poin) masyarakat Indonesia yakin bahwa "kondisi keuangan keluarganya akan lebih baik" di waktu yang sama tahun depan, dibandingkan hanya 5% (turun 1 poin) yang pesimis bahwa "kondisi ekonomi keluarganya akan lebih buruk". Angka tertinggi (50%, tidak berubah) juga tetap tercatat untuk mereka yang mengatakan "sekarang adalah waktu yang tepat" untuk membeli peralatan rumah tangga yang mahal (tahan lama). Sebaliknya 45% (turun 1 poin) mengatakan "saat ini bukan waktu yang tepat".

Komentar

x