Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 23 Desember 2014 | 08:49 WIB
Hide Ads

BI Gandeng 6 Bank Tukar Uang Receh di Monas

Oleh : Sandiyu Nuryono | Selasa, 9 Agustus 2011 | 12:02 WIB
BI Gandeng 6 Bank Tukar Uang Receh di Monas
inilah.com/Wirasatria

INILAH.COM, Jakarta - Guna memenuhi kebutuhan uang receh warga Ibukota, Bank Indonesia menggandeng 6 bank dalam penukaran uang receh di Lapangan Parkir Monas Jakarta.

"Ini merupakan fasilitas layanan masyarakat bank Indonesia dalam hal penukaran uang kecil dalam rangka menghadapi lebaran kepada masyarakat. Nah, ini bekerja sama dengan enam bank peserta yang kita ajak, yakni BRI, Mandiri, Bank Jabar Banten, Bank DKI dan BNI," ujar Bagian Pengelolaan Uang Keluar Direktorat Pengedaran Uang BI Hikmah Rinaldi di Lapangan Parkir Monas Jakarta, Selasa (9/8).

Hikmah menambahkan, kegiatan penukaran uang receh dimulai sejak 1 Agustus 2011 hingga 26 Agustus 2011 pada hari kerja pukul 10.00 hingga 14.00. "Uang pecahan kecil Rp10.000, Rp5.000, Rp2.000 dan Rp1.000. Dan maksimal 1 orang itu penukarannya Rp3 juta," tukasnya.

Pada prinsipnya, imbuhnya, Bank Indonesia siap memenuhi kebutuhan nasabah. "Besarannya tidak kita tentukan. Kalau misalnya animo masyarakat banyak, bisa kita tingkatkan nominal penukaran yang disediakan," ujarnya.

Lebih jauh Hikmah mengatakan, program penukaran uang receh di Monas ini merupakan lanjutan dari program serupa tahun lalu. "Persentasenya pastinya meningkat sekitar 20%," tuturnya.

Perihal hanya 6 bank yang ikut serta dalam penukaran uan receh ini, Hikmah menjelaskan, BI sebenarnya telah menawarkan ke seluruh bank. "Ini kita tawarkan kepada bank-bank dan ada 6 bank yang bersedia untuk ikut. Salah satu faktornya mereka mungkin ada ketersediaan SDM dan mobil sebagai sarana penukaran uang," urainya.

"Harapan kita pemenuhan uang kecil dalam rangka lebaran ini bisa terpenuhi masyarakat ngga perlu mencari tempat-tempat lain. Kita sediakan outlet di sini sehingga tidak ada lagi hal-hal yang ketersediaan uang receh," pungkasnya. [cms]

Berita Terkait Lainnya

2 Komentar

Image Komentar
MUHYI - Jumat, 12 Agustus 2011 | 16:53 WIB
Klu nuker kena biaya g...trus sabtu ad g....
Image Komentar
MUHYI - Jumat, 12 Agustus 2011 | 13:34 WIB
Klu nuker kena biaya g...trus sabtu ad g....

Kirim Komentar

Login with