Find and Follow Us

Rabu, 13 November 2019 | 04:58 WIB

Dukung Pembiayaan, Kemenkeu Terbitkan Global Bond

Oleh : Mosi Retnani Fajarwati | Rabu, 17 Agustus 2011 | 12:38 WIB
Dukung Pembiayaan, Kemenkeu Terbitkan Global Bond
Menteri Keuangan Agus Martowardojo - inilah.com/Agus Priatna
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Pemerintah akan kembali menerbitkan obligasi global atau global bond pada 2012, untuk menambah pembiayaan anggaran negara.

Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengatakan, untuk tahun 2012 pemerintah akan tetap memerlukan pembiayaan melalui penerbitan surat utang namun akan lebih fokus pada pembiayaan dalam negeri dalam bentuk surat utang negara (SUN), sukuk, atau pinjaman komersil dalam negeri.

Kendati demikian, ia mengatakan, pemerintah juga akan tetap menerbitkan global bond pada tahun 2012. Sayangnya berapa besar porsi yang akan ditawarkan serta waktu penerbitan belum bisa disampaikan.

"Kita akan tetap terbitkan global bond dan juga pinjaman SBN (surat berharga negara) valas. Itu untuk pembiayaan," ujar Agus Marto di Jakarta.

Dalam RAPBN 2012, defisit anggaran diperkirakan mencapai Rp125,6 triliun atau 1,5% dari produk domestik bruto (PDB). Untuk pendapatan negara meningkat 10,5% menjadi Rp1.292 triliun dan belanja negara naik 7,4% menjadi Rp1,418 triliun.

"Total pendapatan negara dan belanja ini membentuk defisit 1,5 persen, itu akan dibiayai oleh pembiayaan dalam negeri mayoritas," paparnya. [hid]

Komentar

Embed Widget
x