Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 18 November 2018 | 16:25 WIB

Irwan Sjarkawi

28 Tahun Bos Bakrie Grup 'Gak' Pernah Mudik

Oleh : Mosi Retnani Fajarwati | Sabtu, 3 September 2011 | 01:50 WIB

Berita Terkait

28 Tahun Bos Bakrie Grup 'Gak' Pernah Mudik
uninexus.net

INILAH.COM, Jakarta - Keinginan cucu untuk melihat kampung halaman sang kakek, memicu pria baya yang telah 28 tahun tidak mudik ini untuk menghirup kembali udara Bukittinggi.

Pria baya tersebut adalah Irwan Sjarkawi, Presiden Komisaris PT Bakrie and Brothers Tbk (BNBR). "Saya akan mudik setelah 28 tahun ke Bukittinggi, karena cucu minta ketemu neneknya," ujarnya di Jakarta, beberapa waktu lalu. Ia mengaku memang tidak pernah mengikuti ritual layaknya kebanyakan perantau di Jakarta yang pulang ke kampung halaman saat lebaran tiba.

Irwan yang berumur 65 tahun ini, dengan bangga memperlihatkan wajah kedua cucunya yang dijadikan home screen pada Blackberry Onyx hitamnya. "Yang lebih besar ini justru dari anak kedua saya, dia menikah lebih dulu," ujarnya. Kedua cucunya memiliki rambut ikal, berbeda dengan rambut Irwan yang lurus.

Kepulangan Irwan setelah lebih dari dua dekade ini, rupanya telah dipersiapkannya dengan matang. Hal ini terbukti dari telah dipesannya hotel tiga bulan sebelum keberangkatannya ke tempat dimana Jam Gadang berada. "Biar gak kehabisan hotel," ujarnya yang disambut dengan mata terbelalak beberapa pewarta yang duduk mendengarkan kisahnya.

Ia pun menuturkan alasan kekhawatirannya tersebut. Menurutnya, para perantau yang terbiasa dengan fasilitas hidup yang biasa dinikmati di Jakarta seperti adanya pendingin ruangan (AC) jarang ditemui di rumah-rumah yang ada di kampung halaman. "Makanya kalau pas mudik lebaran, hotel biasanya penuh," tuturnya, yang ternyata adik kelas semasa kuliah pemilik perusahaan tempat ia bekerja sekarang, Aburizal Bakrie.

Kendati demikian ia secara pribadi mengaku lebih senang tinggal di rumah gadang, rumah asli Minang, ketimbang menginap di hotel. "Kalau di rumah gadang itu enak, panjang, banyak jendelanya," tuturnya dengan sedikit tersenyum.

Mudik disini diartikannya pulang kekampung halaman dengan memboyong keturunannya lengkap ke Bukittinggi, Sumatera Barat. Ia yang hanya mempunyai dua anak ini mengatakan, sebenarnya cukup sering untuk bertandang ke Padang dan sekitarnya, termasuk Bukittinggi. Kedatangannya bukan hanya untuk sekedar jalan-jalan saja, namun untuk memenuhi undangan sebagai motivator kepada para pemuda Minang untuk tidak hanya berpangku tangan menghadapi kondisi lapangan kerja yang sangat terbatas. Bukan hanya itu, Irwan juga kerap diundang untuk memberikan ceramah di masjid-masjid.

Sekilas sepak terjang Irwan Sjarkawi

Irwan Sjarkawi merupakan presiden komisaris PT Bakrie and Brothers Tbk sejak tahun 2004. Pertama kali bergabung di perusahaan ternama ini saat krisis moneter pada tahun 1998 dan menduduki posisi presiden direktur dan CEO sejak 1999 hingga 2002. Ia kemudian mendapat promosi untuk menduduki posisi komisaris pada 2002-2004.

Ia merupakan adik kelas Aburizal Bakrie semasa di bangku kuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB), jurusan Teknologi Komunikasi. Ia yang mengaku soliter pernah mendapat penghargaan dari Harvard John F Kennedy School of Government di tahun 2001 sebagai senior fellow. [cms]

Komentar

x