Find and Follow Us

Kamis, 21 November 2019 | 12:23 WIB

Mandala Siap Terbang Sebelum Akhir Tahun

Oleh : Agustina Melani & Tio Sukanto | Rabu, 5 Oktober 2011 | 22:00 WIB
Mandala Siap Terbang Sebelum Akhir Tahun
inilah.com
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Grup Saratoga dan Tiger Airways siap menerbangkan pesawat PT Mandala Airlines sebelum libur akhir tahun.

Pendiri grup Saratoga, Sandiaga Uno menuturkan mengatakan hal itu dalam acara Investor Summit 2011 di Jakarta, Rabu (5/10). "Kami masih mengidentifikasi pesawatnya. Begitu sudah ada izin dari pemerintah, kita follow up. Terbang sebelum libur akhir tahun, supaya ada penawaran solusi," ujar Sandiaga.

Dana internal US$250 juta sudah tersedia untuk pembelian lima pesawat baru dan sewa lima pesawat. Dana ini bersumber dari dana internal. Dalam pengadaan 10 pesawat, seperti yang disyaratkan Kemenhub, akan terealisasi sebelum akhir 2012.

Saratoga kemungkinan memiliki Airbus 737 dalam menerbangkan kembali Mandala Air. "Untuk baru, Airbus 737 sekitas US$50-70 juta. Ada yang sewa juga, jadi bisa dihitung," tambah Sandiaga.

Strategi jangka pendek, Mandala merupakan menerbangkan pesawatnya untuk jarak di bawah tiga jam, dengan rute dalam dan luar negeri.

Saratoga Group telah mengumumkan secara resmi kepemilikan 55% saham PT Mandala Airlines. Perjanjian jual beli bersyarat serta dokumen legal lain telah ditandatangani oleh Mandala, Saratoga sebagai investor keuangan, dan Tiger Airways sebagai investor strategis.

Penandatanganan semua dokumen tersebut telah dilakukan pada Jumat (23/9/2011). Kemudian, Saratoga akan memiliki saham mayoritas di Mandala sebesar 51%, serta Tiger Airways akan memiliki saham sebesar 33%. Sedangkan sisanya akan dimiliki oleh kreditor konkuren dan pemegang saham lama.

Operasional Mandala Airlines berhenti akibat kekurangan dana dan menumpuknya utang hingga mencapai Rp2,4 triliun. Jumlah utang Mandala Airlines mencapai Rp2,45 triliun kepada kreditur konkuren dan utang ke Bank Victoria Rp54,14 miliar. [hid]

Komentar

x