Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 18 November 2018 | 16:22 WIB

Terlibat Kasus Suap Kemenakertrans

Menkeu Belum Laporkan Jajarannya ke KPK

Oleh : Mosi Retnani Fajarwati | Kamis, 6 Oktober 2011 | 21:44 WIB

Berita Terkait

Menkeu Belum Laporkan Jajarannya ke KPK
inilah.com

INILAH.COM, Jakarta - Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengungkapkan, keenam PNS Kemenkeu yang dinonaktifkan belum akan dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi.

Mereka dininaktifkan karena diduga terlibat dalam bocornya dokumen Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Dana Percepatan Pembangunan Infrastruktur Daerah (DPPID).

Hal tersebut terkait dengan kasus suap Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi yang tengah menjadi perhatian publik. "PMK itu kalau sudah ditandatangani menteri, diundangkan dulu di Menteri Hukum dan HAM. Di Kementerian Kumham masih dalam proses. Kalau sudah ditandatangani Menkumham, baru dimasukkan Berita Negara," ungkap Menkeu di Jakarta, Kamis (6/10).

Ia merasa 'kecolongan' karena sebelum dokumen PMK disahkan oleh menkumham, sudah bocor ke pihak luar. "Untuk kami itu sesuatu yang prinsip dan melanggar aturan," ujarnya.

Di sisi lain ia mengakui bila draf PMK DPPID sudah diedarkan pada saat APBN-P 2011 disetujui DPR. Pasalnya, jumlah anggaran yang dialokasikan tercantum di sana. "Tetapi jika dokumen PMK ini belum disahkan menjadi UU oleh Menkumham, tetap tidak boleh keluar," tuturnya.

Kendati telah mulai melakukan pemeriksaan atas keenam pegawainya tersebut, namun Agus Marto masih tetap memegang azas praduga tak bersalah dan belum berniat melaporkannya ke KPK.

"Belum, nanti kita sampaikan (ke KPK), kita akan kerjasama. Dan ingat ya azas praduga tak bersalah ya. Tapi hanya untuk meyakinkan kita tidak bisa toleransi ada bentuk-bentuk yang tidak disiplin, yang potensi melanggar aturan," tegasnya. [hid]

Komentar

x