Find and Follow Us

Jumat, 15 November 2019 | 02:03 WIB

Simpan Dana di BI

Wuih.. Pemerintah Raih Bunga Rp3 T

Oleh : Mosi Retnani Fajarwati | Kamis, 20 Oktober 2011 | 15:49 WIB
Wuih.. Pemerintah Raih Bunga Rp3 T
inilah.com/Ardhy fernando
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Pemerintah menuai dana Rp3 triliun dari bunga atas uang simpanannya di Bank Indonesia. Dana ini masuk penerimaan negara bukan pajak (PNBP).

Dirjen Perbendaharaan Agus Suprijanto mengungkapkan, khusus untuk tabungan pemerintah BI memberikan bunga 65% suku bunga SBI. Hal itu sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Per September 2011, pemerintah mengantongi dana sebesar Rp3 triliun dari hasil bunga tersebut. Ia mengatakan, dana akan terus bertambah pada akhir tahun nanti. "Remunerasi sekarang sekitar Rp3 triliun. Sampai akhir tahun bisa lebih," ujarnya di Gedung DPR RI, Kamis (20/10).

Sayangnya, ia enggan mengungkapkan berapa besar dana negara yang mengendap di bank sentral tersebut. Namun, ia menjelaskan bahwa jumlah saldo lebih (SAL) APBN kumulatif pada saat ini lebih dari Rp200 triliun. "SAL itu Rp200 triliun lebih dikit, tapi itu termasuk yang likuid (siap cair) tahun ini, yang akan segera kami keluarkan," tuturnya.

Sebagai informasi, pada akhir 2010 menteri keuangan menginstruksikan penarikan dana pemerintah di sejumlah bank komersial untuk dipindahkan ke dalam rekening tunggal di BI. Hal itu dilakukan guna mendukung bank sentral dalam mengontrol likuiditas dan mengendalikan inflasi.

Sebelum itu, penerimaan negara dari bunga simpanan pemerintah paling
besar berasal dari bank-bank komersial karena mengacu pada tingkat bunga deposito. Sementara untuk remunerasi dari bank sentral hanya mendapat bunga 65% dari suku bunga SBI dengan nominal PNBP kurang dari Rp1 triliun per tahunnya.

Direktorat Jenderal Perbendaharaan mencatat PNBP dari remunerasi pada
tahun lalu sekitar Rp3,5 triliun. Penerimaan tersebut lebih tinggi dibandingkan 2009, yang sebesar Rp3 triliun. [mel]

Komentar

Embed Widget
x