Find and Follow Us

Rabu, 13 November 2019 | 04:22 WIB

10 Tahun Lagi

Bank Central Eropa: Inflasi Zona Eropa Rendah

Oleh : Mosi Retnani Fajarwati | Minggu, 30 Oktober 2011 | 12:02 WIB
Bank Central Eropa: Inflasi Zona Eropa Rendah
Jean-Claude Trichet - telegraph.co.uk
facebook twitter

INILAH.COM, Berlin - Presiden Bank Sentral Eropa (ECB) Jean-Claude Trichet menyatakan, inflasi di zona Eropa akan sangat rendah dan berada pada kisaran 1,8% untuk 10 tahun ke depan.

"Dalam 10 tahun mendatang, tingkat inflasi akan sangat mungkin tetap sangat rendah, harapan saat ini untuk sekitar 1,8 persen," ujarnya kepada sebuah surat kabar Jerman, seperti dikutip dari Reuters, Minggu (30/10).

"Ini berarti, di zona Eropa akan mengalami stabilitas harga. Hal ini merupakan sesuatu yang kita banggakan. Dan memang demikian, karena kita sudah mencapai apa yang kita harapkan," tambahnya yang akan segera mengakhiri masa jabatan sebagai bos ECB.

Ia mengatakan, pemerintahan Eropa telah membuat kesalahan serius dengan tidak berpegang pada pakta Stabilitas dan Pertumbuhan.

"Kita harus waspada dengan adanya fakta bahwa sikap pelaku pasar bisa menyebabkan 'iritasi'. Salah satunya pemberian bonus (kepada pejabat bank)," tuturnya.

Menurutnya, badan pengawas harus memastikan bahwa inovasi pasar keuangan harus berimbang dengan kondisi ekonomi riil dan bukan merusaknya.

Di sisi lain, pemerintahan Eropa harus memperkuat strktur politik. Dan hal ini memerlukan perubahan konstitusi. "Untuk jangka panjang, kita harus lebih mempererat kesatuan politik," tandasnya.

Komentar

Embed Widget
x