Find and Follow Us

Rabu, 20 November 2019 | 08:13 WIB

Pemerintah Stop Ekspor Rotan Mulai Desember

Oleh : Sandiyu Nuryono | Minggu, 30 Oktober 2011 | 12:42 WIB
Pemerintah Stop Ekspor Rotan Mulai Desember
inilah.com/Ardhy fernando
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Kementerian Perdagangan segera menerbitkan peraturan menteri perdagangan (permendag) penghentian ekspor rotan yang berlaku efektif pada Desember 2011. Hal ini untuk meningkatkan daya saing produksi rotan dalam negeri.

Demikian disampaikan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan di Lapangan Monas Jakarta, Minggu (30/10). "Target, minggu awal November keluar permendag berdasarkan rekomendasi dari Menperin, Menteri Kehutanan dan Gubernur, karena harus holistik. Tapi, efektivitasnya Desember 2011," jelasnya.

Gita menambahkan, dengan adanya penghentian ekspor rotan maka penyerapan produksi rotan dalam negeri akan tetap terjamin. "Semangatnya (penghentian ekspor rotan) selama mungkin. Kita harus pantau, karena ada kebangkitan industri rotan dalam negeri bahwa pasok rotan dari Indonesia," tuturnya.

Menurutnya, kalau produksi rotan Indonesia diekspor ke luar negeri maka dapat menjadi senjata bagi negara lain untuk kompetitif. "Makanya industri dagri (dalam negeri) harus bisa memperkuat diri. Kalau tidak antara 6, 12, 18, 24 bulan, kita akan tinjau balik apakah mereka bisa perkuat diri," tegasnya.

Selain itu pemerintah juga berjanji untuk memperkuat stok rotan nasional. "Resi gudang juga kita siapkan untuk keperluan stok bukan hanya di Jawa saja tetapi juga di luar Jawa seperti di Sulawesi dan Kalimantan," pungkasnya. [mre]

Komentar

x