Find and Follow Us

Selasa, 12 November 2019 | 21:04 WIB

BPJS Bisa Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi

Oleh : Sandiyu Nuryono | Minggu, 30 Oktober 2011 | 15:33 WIB
BPJS Bisa Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi
Menko Perekonomian Hatta Rajasa - inilah.com/Agus Priatna
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Pemerintah yakin terbentuknya Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dapat menyokong pertumbuhan ekonomi.

Demikian diungkapkan Menko Perekonomian Hatta Rajasa di Jakarta, Minggu (30/10). "Oleh sebab itu, ini merupakan dua mata sisi dari pembangunan kita yang tidak bisa dipisahkan. Satu strong growth, kita dorong ekonomi dengan pertumbuhan yang tinggi. Tapi di sisi lain ada program-program perlindugan sosial. Jangan kita seperti Eropa yang terlalu berat pada subsidi dan perlindungan sosial tapi ekonominya tidak kuat, defisit meningkat, dan utang membengkak. Amerika yang terlalu liberal juga melakukan hal yang sama. Kita belajar dari itu," urainya.

Terkait kesiapan anggaran, Hatta menegaskan tidak ada masalah. "Kita harus siap. Kita besyukur ada satu pasal jika terjadi gejolak, pemerintah bisa mengambil satu kebijakan fiskal. Dan pada 2014 kita bisa memulai itu dari kesehatan. Walaupun nanti bajunya juga sudah dmulai pada 2014 untuk BPJS 2. Akan tetapi terjadi transisi untuk melakukan secara penuh pada 2015 bulan Juli. Jadi kita punya waktu untuk itu," tuturnya.

Menurut Hatta, ada banyak keuntungan yang bisa dirasakan masyarakat dengan terbentuknya BPJS. "Ini program-program perlindungan sosial. Kita memberikan perlindungan kepada masyarakat dalam bentuk perlindungan asuransi dan sebagainya. Dengan diberikan perlindungan maka relatif mereka lebih sehat. Purchasing power-nya relatif meningkat karena spending-nya yang dikeluarkan untuk kesehatan dan segala macam sudah tercover," tandasnya. [mre]

Komentar

Embed Widget
x