Sabtu, 1 November 2014 | 03:26 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Indomart Layani Token Listrik Pra Bayar PLN
Headline
Foto : Ist
Oleh: Charles MS
ekonomi - Rabu, 2 November 2011 | 15:00 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta - Teknologi pembayaran secara online yang berbasis uang tunai (cash base) melalui payment point kini tidak hanya dirasakan oleh pelanggan dari industri finansial dan telekomunikasi saja.

Pelanggan listrik prabayar PLN pun kini semakin dimudahkan dalam akses pembelian token (voucher isi ulang) listrik pra bayar di gerai Indomaret. Hal ini ditandai dengan ditandatanganinya kerja sama antara PT Artajasa Pembayaran Elektronis (Artajasa) dengan PT Indomarco Prismatama (Indomaret) dan Bank Internasional Indonesia (BII) dalam bidang penyediaan layanan pembelian token listrik pra bayar PLN secara online melalui Payment Point.

Acara yang diadakan di Jakarta, Rabu (2/11) tersebut dihadiri Direktur Utama Artajasa Arya Damar, Direktur Artajasa Hendra Januar, Merchandise Director PT Indomarco Prismatama Yan Bastian, Marketing Director PT Indomarco Prismatama Wiwiek Yusuf dan Direktur Perbankan Konsumer BII Stephen Liestyo.

Indomaret merupakan minimarket pertama yang melayani pembelian token listrik prabayar PLN. Mulai 1 November 2011 kemarin pelanggan PLN prabayar dapat membeli token listrik di 5 gerai Indomaret Jakarta di Jalan Duri Selatan, Pecenongan, Warakas, Ancol dan Stasiun Gambir. Layanan ini diperluas di seluruh Jabodetabek per 7 November 2011 dan pada pertengahan November 2011 token listrik tersedia di seluruh gerai Indomaret.

Cara pembelian token listrik sangat mudah. Pelanggan datang langsung ke Indomaret dengan menunjukkan ID Pelanggan atau Nomor Meter kepada kasir. Kemudian beritahukan nominal jumlah listrik isi ulang yang akan dibeli. Selanjutnya pelanggan akan diberikan 20 angka kode isi ulang yang tercetak dalam tanda terima. Angka tersebut yang nantinya dimasukkan ke meter prabayar pada saat melakukan isi ulang listrik dan pulsa listrik pun langsung bertambah. “Ini merupakan wujud komitmen Artajasa kepada biller dalam hal penyediaan solusi pembayaran online serta perluasan payment point, sehingga pelanggan mitra bisnis Artajasa dapat dimudahkan dalam melakukan transaksi,” ujar Arya Damar.

“Dengan teknologi perbankan yang kami miliki, kami dapat mendukung pembelian token listrik pra bayar PLN di gerai-gerai Indomaret,” kata Stephen Liestyo. “Ini sejalan dengan ekpansi layanan perbankan elektronik menuju innovative relationship banking,” tambahnya.

Kemudahan dalam pembelian token listrik di payment point ini merupakan layanan PPOB (Payment Point Online Bank). Melalui PPOB yang didukung oleh Artajasa, PLN mendorong bank-bank yang juga sebagai penjamin transaksi (settlement) untuk memperluas jaringan melalui para mitra yang menjadi downlinenya sehingga pelanggan PLN mendapatkan alternatif dalam melakukan transaksi pembayaran PLN.

Bank BII sebagai salah satu bank penjamin transaksi dari PLN menggandeng Indomaret sebagai payment point untuk pembelian token listrik pra bayar PLN. Layanan ini sangat memberikan manfaat kepada bank. Selain memberikan efisiensi dari sisi pengurangan investasi perluasan jaringan e-channel, bank juga bisa mendapatkan penambahan fee based income.

Layanan baru ini menurut Wiwiek Yusuf, memenuhi kebutuhan dan memudahkan pelanggan PLN mendapatkan token listrik prabayar, selain untuk menarik pelanggan baru ke Indomaret.

Efisiensi juga sangat dirasakan oleh pelanggan, karena dengan layanan PPOB pelanggan tidak perlu lagi jauh-jauh mencari loket PLN atau bank. Cukup ke Indomaret. Dan pada akhirnya efisiensi nasional pun terjadi.

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
1 Komentar
Duta Payment
Jumat, 11 November 2011 | 17:03 WIB
ga prlu jauh2 isi listriknya, cukup dr rmh aja melalui HP lebih praktis dan lebih murah, caranya knjungi www.duta-pulsa.co.id
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER