Find and Follow Us

Sabtu, 7 Desember 2019 | 23:05 WIB

Indonesia Eximbank: Ekspor 2012 Bakal Turun 10%

Oleh : Dian Ihsan Siregar | Rabu, 16 November 2011 | 17:42 WIB
Indonesia Eximbank: Ekspor 2012 Bakal Turun 10%
inilah.com/dok
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Indonesia Eximbank sebagai lembaga pembiayaan Ekspor memperkirakan pertumbuhan ekspor akan turun 10% pada 2012, sementara 2011 tumbuh 13%.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Pelaksana Senior Indonesia Eximbank, Arifin Indra S saat konferensi pers di Gedung Pasific Place, Jakarta, Selasa (16/11). "Tahun ini pertumbuhan ekspor sekitar 13%, tahun depan menurun 10%. Penurunan tersebut akibat dari dampak krisis global di Eropa dan Amerika," ujarnya.

Lebih lanjut dia menyampaikan, ada prospek lain atau wilayah pengalihan dari tujuan ekspor. Negara tujuan ekspor itu adalah Amerika Latin, Timur Tengah, Afrika, dan khususnya wilayah Asia. Indonesia Eximbank juga merupakan lembaga yang memfokuskan kepada kegiatan usaha untuk menyediakan pembiayaan, penjaminan, dan asuransi khususnya jasa konsultasi dalam ekspor. "Untuk ekspor Indonesia tahun depan mencapai 70% untuk kedaerah negara yang benar-benar ke negara berkembang."

Pertumbuhan Ekspor Indonesia tercatat cukup signifikan hingga september 2011 sekitar US$ 120,85 miliar. Dan Indonesia Eximbank berfungsi sebagai melengkapi yang tidak bisa dilakukan oleh bank seperti buyers credit, asuransi political risk, dan penjaminan untuk proyek luar negeri. Dengan sifat sovereign-nya sangat dimungkinkan untuk memperoleh sumber pendanaan berjangka pendek, menengah, dan panjang dari lembaga multilateral, bank serta lembaga keuangan dan pembiayaan di dalam dan luar negri dengan suku bunga yang lebih kompetitif. [cms]

Komentar

x