Rabu, 30 Juli 2014 | 14:01 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Kinerja Superior, Pertamina Dapat Rating AAA
Headline
inilah.com/Wirasatria
Oleh: Mosi Retnani Fajarwati
ekonomi - Jumat, 2 Desember 2011 | 09:55 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta - PT Pertamina (Persero) mendapatkan sertifikat peringkat AAA dari lembaga pemeringkat PT Pefindo.

Perolehan rating tertinggi ini menunjukkan bahwa Pertamina sebagai perusahaan yang memiliki kemampuan sangat baik dalam memenuhi komitmennya, atau memiliki resiko yang sangat kecil untuk tidak memenuhi komitmen jangka panjang. Pengakuan ini membuktikan bahwa Pertamina memiliki prospek yang sangat menarik buat para investor. Demikian seperti dikutip dari keterangan tertulis yang diterima INILAH.COM di Jakarta, Jumat (2/12).

Pemberian sertifikat peringkat Pefindo ini atas permintaan Pertamina untuk di-exercise secara menyeluruh karena terkait dengan rencana pengembangan perusahaan yang sangat ekspansif ke depan. Sehingga diperlukan pendanaan yang komprehensif baik dari domestik maupun internasional.

AAA adalah rating tertinggi yang diberikan Pefindo kepada sebuah perusahaan. Rating yang dikeluarkan Pefindo merupakan sebuah indikator untuk investor, mulai dari yang paling terendah adalah D, sedangkan peringkat yang tertinggi AAA. Pefindo menilai kemampuan Pertamina sebagai korporasi untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjangnya. Posisi Pertamina terhadap perusahaan Indonesia lainnya dinilai oleh Pefindo dengan kemampuan superior.

Pefindo melakukan exercise terhadap tiga hal yakni risiko industri, risiko binis, dan risiko finansial. Dari ketiga risiko tersebut dikaji kemampuan perusahaan itu secara keseluruhan. Misalnya untuk risiko industri barrier to entry, apakah suatu perusahaan mudah masuk ke industri itu, jadi secara industri dianalisa baik atau tidak perusahaan tersebut.

Kemudian secara bisnis dikaji bagaimana pola pengembangan bisnis perusahaan itu sendiri ke depannya, apakah mempunyai perencanaan bisnis yang baik dan bisa menunjang pertumbuhan dan perkembangan bisnis. Sedangkan untuk finansialnya dapat dilihat capital structure-nya dan cashflow-nya ke depan.

Dari aspek-aspek tersebut Pefindo melihat bahwa Pertamina memiliki risiko yang sangat kecil untuk tidak memenuhi komitmen jangka panjangnya. Rating AAA ini berarti risikonya dianggap sama dengan negara. Pefindo melakukan review terhadap data data finansial, operasi, lapoan keuangan, penjualan, piutang, dan lain lain. Angka cadangan produksi dari Pertamina pun dilihat secara seksama, serta adanya skema-skema lainnya seperti skema subsilain dan kontrak kerja sama.

Di samping itu, Pefindo juga melakukan wawancara kepada semua level manajemen untuk mengetahui bagaimana rencana jangka panjang Pertamina ke depan dan juga pengaruh kebijakan Pemerintah terhadap perusahaan BUMN ini. Tidak hanya itu, Pefindo melakukan site visit yaitu mengunjungi unit-unit operasi Pertamina secara random mulai dari hulu hingga hilir.

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER