Find and Follow Us

Jumat, 24 Januari 2020 | 09:13 WIB

Bandara Award 2011

Juanda Terbaik, Hasanuddin Kedua

Oleh : Suriani | Minggu, 11 Desember 2011 | 17:30 WIB
Juanda Terbaik, Hasanuddin Kedua
IST
facebook twitter

INILAH.COM, Makassar - Bandara Award 2011 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bekerjasama dengan Kementerian Perhubungan, serta Kementerian BUMN, menempatkan Bandara Juanda sebagai bandara terbaik di Indonesia, menyusul kedua adalah bandara Internasional Hasanuddin dan Cengkareng.

Penyerahan penghargaan berupa medali dan trophy kepada pengelola bandara diberikan pada 7 Desember 2011 lalu di Hotel Borobudur Jakarta. Dari 200 lebih bandara bersakal besar dan rinitisan yang ada di Indonesia, 37 bandara yang masuk kategori penilaian.

General Manajer PT. Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin, Rachman Syafrie kepada wartawan di Makassar mengatakan, penghargaan yang diberikan oleh beberapa Kementerian ini merupakan motivasi bagi bandara-bandara untuk meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat.

Khusus bandara Internasional Hasanuddin, pencapaian ini merupakan prestasi tertinggi setelah tiga tahun Bandara Award diselenggarakan. Pada Award pertama dan kedua, Bandara Hasanuddin tidak masuk nominasi. " Tapi memasuki Award yang ketiga ini, kita bisa langsung masuk tiga besar, ini sesuatu yang sangat membanggakan bagi manajemen," kata Racman, Minggu (11/12/2011).

Menurut dia, proses penjurian sangat ketat, sebab dilakukan langsung oleh Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Wakil Menteri Perhubungan. Adapun hal yang dinilai, tiga di antaranya tentang improvmen yang dilakukan, servis excelen, favorit air port atau bandara yang paling banyak dikunjungi oleh orang-orang.

" Untuk penilaian airport favorit, ada sample yang diambil salah satunya adalah turis dari Jerman, ia mengatakan bandara Hasanuddin adalah salah satu bandara yang terbaik yang pernah ia liat, bahlan bandara ini lebih bagus dibanding bandara yang ada di negaranya," ungkap Rachman.


Atas prestasi ini, bagi pihak Angkasa Pura menjadi bandara yang terbaik, bukan hal yang mudah diraih, harus ada kerjasama stake holder juga termasuk masyarakat Sulsel dan pemerintah setempat untuk meningkatkan kepariwisataannya agar menjadi tujuan wisata dan berdampak banyaknya pengguna layanan bandara khusus bagi yang menggunakan transportasi udara.

Prestasi menjadi tiga terbaik, lanjut Rachman, pihak Angkasa Pura akan terus mempertahanakan persatsi ini, bahkan menargetkan untuk Bandara Award 2012, akan menempatkan Bandara Hasanuddin berada di urutan pertama.

Bandara Internasional Hasanuddin setiap harinya dikunjungi sekitar 20 ribu pengunjung, tujuh ribu di antaranya yang datang, transit sebanyak enam ribu orang dan penumpang yang berangkat (pergi) juga sebanyak tjuh ribu orang. Selain itu, dari bandara ini terdapat 28 tujuan keberangkatan dan kedatangan, dua di antaranya internasional yakni Malaysia dan Singapura. [mel]


Komentar

x