Find and Follow Us

Rabu, 20 November 2019 | 01:31 WIB

BUMN Perkapalan Migrasi Dana ke Capex Rp100 T

Oleh : Agustina Melani | Senin, 12 Desember 2011 | 20:28 WIB
BUMN Perkapalan Migrasi Dana ke Capex Rp100 T
Menteri BUMN Dahlan Iskan - inilah.com/Agus Priatna
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Langkah migrasi belanja operasional (opex) menjadi belanja modal (capex) pada BUMN perkapalan diperkirkaan sekitar Rp100 triliun dalam waktu 2 tahun hingga 3 tahun.

Hal itu disampaikan Menteri BUMN Dahlan Iskan, seusai Rapat Koordinator Kementerian BUMN dan BUMN, Senin (12/12). "Migrasi opex menjadi capex sekitar Rp100 triliun bisa ditempuh dalam waktu dua tahun hingga tiga tahun," ujar Dahlan.

Dalam Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) 2011 tercatat biaya operasional BUMN mencapai Rp1.020 triliun. Sementara, belaja modal hanya Rp210,12 miliar. Dana ini akan digunakan untuk pengembangan BUMN perkapalan. Selama ini dana pengembangan sarana transportasi masih sangat terbatas.

Migrasi belanja operasional menjadi belanja modal bukan hal baru sebagian besar BUMN. Biasanya migrasi belanja operasional menjadi belanja modal banyak dilaksanakan terutama ke anak perusahaan.

Penggunaan belanja operasional untuk belanja modal ini digunakan biaya angkut di darat, laut, udara, biaya percetakan, biaya akomodasi hotel, biaya sewa gedung, biaya sewa gudang, biaya hulu migas, biaya hilir migas, dan biaya belanja operasional swasta. [hid]

Komentar

Embed Widget
x