Find and Follow Us

Rabu, 20 November 2019 | 08:43 WIB

Kemendag Resmikan Pasar Fisik Timah di BKDI

Oleh : Dian Ichsan Siregar | Kamis, 15 Desember 2011 | 19:55 WIB
Kemendag Resmikan Pasar Fisik Timah di BKDI
Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi - inilah.com/Ardhy Fernando
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi meresmikan perdagangan pasar Fisik Timah (INA-TIN) di PT. Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia (BKDI).

"Peremian perdagangan pasar fisik INA-TIN tersebut merupakan perdagangan pertama di BKDI dan bertepatan dengan peresmian perdagangan kontrak berjangan Kakao di PT. Bursa Berjangka Jakarta (BBJ). Alasan dibentuknya kontrak fisik INA-TIN karena sebagai salah satu produsen timah dunia belum memiliki referensi harga timah sendiri," ujar Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi, Kamis (15/12).

Selama ini referensi harga timah menggunakan harga London Metal Exchange (LME) sehingga harga banyak ditentukan oleh pembeli. Indonesia sebagai produsen timah yang menguasai 70% dari produksi dunia seharys memiliki posisi tawar yang kuat dalam penentuan harga timah dunia.

"Kontrak fisik timah yang akan diperdagangkan di BKDI dengan dukungan dari berbagai pihak diharapkan bisa menjadi referensi harga timah dunia," tegasnya.

Namun menurutnya, hadirnya perdagangan kontrak Fisik INA-TIN di BKDI dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh pelaku usaha baik produsen timah, pedagang timah, dan industri timah, sehingga akan tercipta pasar yang efisien, efektif, wajar, dan transparan.

Bayu menambahkan, keberhasilan memperdagangkan kontrak fisik Timah INA-TIN akan mendorong perdagangan fisik maupun perdagangan berjangka pada komoditi primer lainnya untuk diperdagangkan di Bursa Berjangka.

"Di masa datang diharapkan komoditi yang diperdagangkan di Bursa Berjangan Indonesia dapat menjadi referensi harga dunia," jelasnya. [hid]

Komentar

x