Find and Follow Us

Rabu, 20 November 2019 | 13:15 WIB

BI Kaji Dua Produk Syariah Baru

Oleh : Dian Ihsan Siregar | Jumat, 23 Desember 2011 | 15:02 WIB
BI Kaji Dua Produk Syariah Baru
Bank Indonesia - inilah.com/Ardhy fernando
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Bank Indonesia (BI) tengah mengkaji dua buah produk syariah dengan Dewan Syariah Nasional (DSN) dan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI).

"Saat ini memang perkembangan produk (perbankan syariah) belum optimal. Ada dua buah produk dengan Dewan Syariah Nasional dan Ikatan Akuntan Indonesia dalam mengeluarkan produk tambahan perbankan syariah," ujar Direktur Perbankan Syariah BI Mulya Siregar di Gedung BI, Jakarta, Jumat (23/12).

Produk pertama yaitu produk pencadangan dana bagi hasil bank syariah, yang tujuannya agar ada fatwa yang menyatakan bahwa bank syariah bisa melakukan pencadangan dana bagi hasilnya. Adapun produk keduanya adalah sejenis kredit tanpa agunan perbankan syariah, yang ditujukan untuk sektor produktif mikro.

Ia mengungkapkan, khusus untuk produk kedua ini DSN meminta regulator untuk melakukan sebuah proyek percobaan (pilot project) terlebih dahulu sebelum produk benar-benar bisa ditetapkan untuk industri.

"Ada pilot project tapi untuk dites terlebih dahulu. Misalnya kita uji coba dulu untuk membiayai UMKM daerah, dengan menggunakan kredit tanpa agunan perbankan syariah nantinya. Semoga DSN bisa mengeluarkan fatwa tahun depan," jelasnya. [mre]

Komentar

Embed Widget
x