Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 20 November 2018 | 01:49 WIB

Minim Eksplorasi Efektif dan Terencana

IAGI: Produksi Minyak 2012 Bakal Tetap Turun

Oleh : Tio Sukanto | Kamis, 5 Januari 2012 | 11:09 WIB

Berita Terkait

IAGI: Produksi Minyak 2012 Bakal Tetap Turun
IST

INILAH.COM, Jakarta - Penurunan produksi minyak diperkirakan masih akan terjadi pada tahun ini. Hal ini sehubungan dengan tidak adanya kegiatan eksplorasi yang efektif dan terencana.

Demikian disampaikan Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Rovicky Dwi Putrohari di Jakarta, Kamis (5/1). "Untuk memacu produksi minyak kita, pemerintah harus mendorong kegiatan eksplorasi dan studi geologi untuk mendapatkan prospek lokasi cadangan baru. Untuk itu pendidikan tinggi ilmu kebumian, asoasiasi, lemigas, BPPT, Badan Geologi perlu berintegrasi untuk bersama-sama membangun industri perminyakan," kata Rovicky.

Sementara dari sisi investasi, menurutnya, investor perlu dirangsang dengan tawaran menarik misalnya insentif yang diharapkan mampu meningkatkan aktivitas eksplorasi dan produksi migas di berbagai potensi cekungan migas.
Selain itu, lanjut Rovicky, yang tidak kalah pentingnya adalah adanya regulasi untuk mengembangkan eksplorasi migas non konvensional seperti gas methane batubara (coal bead methane dan gas serpih/shale gas).

Seperti diketahui, produksi minyak pada 2011 yang terealisasi hanya sebesar 903.441 barel per hari. Sementara target dalam APBN-P 945 ribu barel per hari. Pencapaian itu jauh di bawah produksi 2010 yang mencapai 944.898 barel per hari. [mre]

Komentar

x