Find and Follow Us

Minggu, 15 Desember 2019 | 16:52 WIB

Siapkan US$12,5 Juta

IFC Tetap Miliki 19,9% Saham Bank Hana

Oleh : Agustina Melani | Rabu, 11 Januari 2012 | 16:39 WIB
IFC Tetap Miliki 19,9% Saham Bank Hana
International Finance Corporation (IFC) - IST
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - International Finance Corporation (IFC) meningkatkan investasi di PT Bank Hana dengan menyerap rights issue Bank Hana sebesar US$12,5 juta sehingga mempertahankan kepemilikan saham sebesar 19,9% di bank tersebut.

Demikian seperti dikutip dari siaran pers, Rabu (11/1). Peningkatan investasi IFC di bank Hana untuk membantu memperluas produk dan layanan perbankan bagi usaha kecil dan menengah agar sektor tersebut dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi yang lebih besar bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Investasi baru sebesar US$12,5 juta di PT Bank Hana akan membantu mereka untuk mendukung pengembangan usaha mereka di sektor ini."Salah satu fokus IFC di Indonesia adalah untuk mengembangkan kapasitas perbankan untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan financial bagi usaha mikro, kecil dan menengah serta masyarakat yang berpendapatan rendah," ujar IFC Vice President dan General Counsel, Rachel Robbins.

Lebih lanjut ia mengatakan, peningkatan investasi di Bank Hana mencerminkan komitmen perseroan untuk mengembangkan akses terhadap pembiayaan bagi sektor yang penting ini, serta mendukung mitra penting untuk terus berkembang. PT Bank Hana telah meningkatkan modal usahanya menjadi US$110 juta atau setara Rp1 triliun dengan menerbitkan 50 ribu lembar saham baru dengan harga Rp10 juta per lembar.

Dengan berpartisipasi dalam rights issue ini, IFC mempertahankan kepemilikan saham sebesar 19,9% di bank tersebut. "Sebagian besar nasabah PT Bank Hana adalah usaha kecil dan menengah. Kami sedang berusaha untuk berfokus pada segmen usaha kecil dan menengah dengan cara memberikan produk dan layanan yang dirancang khusus sesuai dengan kebutuhan segmen tersebut," tutur CEO PT Bank Hana Choi Chang Sik.

Saham PT Bank Hana sebagian besar dimiliki oleh Hana Bank Korea dan telah menjadi mitra IFC selama beberapa tahun. Pada Desember 2007. IFC dan Hana Korea bekerja sama dan mengakuisisi sebuah bank lokal yaitu PT Bank Bintang Manunggal.

Kerja sama ini merupakan cikal bakal aktivitas corporate banking Hana Korea di Indonesia dengan investasi modal awal sebesar Rp150 miliar. [hid]

Komentar

Embed Widget
x