Find and Follow Us

Minggu, 26 Januari 2020 | 03:58 WIB

Downgrade Eropa Paksa Minyak Dunia Turun

Oleh : Wahid Ma'ruf | Sabtu, 14 Januari 2012 | 09:29 WIB
Downgrade Eropa Paksa Minyak Dunia Turun
afaceaface.org
facebook twitter

INILAH.COM, New York - Minyak mentah dunia melemah pada perdagangan Jumat (13/1) dengan isu potensi downgrade sebagaian negara Uni Eropa dan akan terganggunya pasokan dari Nigeria dan Iran.

Minyak AS jenis light sweet turun 40 sen menjadi US$98,7 per barel untuk pengiriman Februari. Sedangkan minyak jenis Brent turun 82 sen menjadi US$110,44 per barel. Demikian mengutip yahoofinance.com.

Menurut PM Prancis, rating utang negaranya akan diturunkan oleh S&P. Demikian juga dengan Italia, telah diberitahukan rating utangnya akan turun oleh S&P sendiri. Hal yang sama juga akan dialami Spanyol dan Portugal yang akan turun dua level. Sementara Austria akan turun satu level. Namun informasi ini masih sebatas dari sumber di kalangan pejabat Uni Eropa karena pihak S&P belum memberikan keterangan resmi.

"Kondisi ini mengangkat dolar terhadap mata uang lain, yang juga mendorong harga minyak melemah," kata John Kilduff dari Capital Gain LLC.

Pada pekan ini, Brent telah turun 2,32% setelah menguat hingga 5,2% pada pekan sebelumnya. Sementara minyak AS pada pekan ini telah melemah 2,82% dari kenaikan 2,7% pada pekan sebelumnya.

Komentar

x