Find and Follow Us

Rabu, 13 November 2019 | 19:41 WIB

Tim Perwujudan OJK Tak Ada Wewenang Tunjuk Pansel

Oleh : Dian Ichsan Siregar | Sabtu, 14 Januari 2012 | 13:57 WIB
Tim Perwujudan OJK Tak Ada Wewenang Tunjuk Pansel
IST
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Tim Perwujudan Lembaga Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menegaskan, tidak memiliki wewenang apapun dalam menentukan panitia seleksi pejabat OJK.

"Jadi tim Lembaga OJK nanti dari pihak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Bank Indonesia (BI), untuk persiapannya bukan hanya pengalihan saja. Tentunya unit yang berasal dari Kemenkeu dan BI dan juga tahapan pasti akan berbeda. Oleh karena itu, kita akan persiapkan lebih matang supaya masa transisi itu berjalan mulus dan lebih matang pada tahun 2013," ujar Ketua Tim Perwujudan Lembaga OJK Mulia Nasution di Jakarta akhir pekan ini.

Untuk memastikan terhindar dari adanya ketidakpastian atas segala hal termasuk regulasi selama masa transisi, ia meyatakan akan berada di bawah pengawasan pejabat yang berwenang.

"Jadi pada masa transisi diusahakan agar tidak ada perubahan yang menimbulkan ketidakpastian tersebut, baik dalam struktur, organnya, dan pejabat yang menangani. Tetapi pada intinya pejabat yang sekarang ini akan melakukan tugas pengaturan dan pengawasan itu," paparnya.

Selama masa transisi, para pegawai OJK masih akan bertempat di kantor asal masing yaitu Bank Indonesia dan Bapepam-LK. "Untuk kantornya sendiri ada di Gedung Bapepam-LK dan Bank Indonesia (BI), karena orang-orang yang bekerja di Lembaga OJK nanti banyak datang dari sana," tuturnya.

Ketika ditanya masalah panitia seleksi (pansel) pejabat OJK, ia mengatakan, saat ini masih menunggu keputusan presiden (kepres) dan tidak ada hubungannya dengan tim yang dipimpinnya. "Oleh karena itu pansel harus independen nantinya. Jadi kalau kita nantinya hanya fokus bagaimana membantu menteri keuangan dan gubernur BI dalam mewujudkan perjalanan OJK itu sendiri agar peralihannya berjalan mulus," pungkasnya. [mre]

Komentar

Embed Widget
x