Find and Follow Us

Rabu, 20 November 2019 | 01:42 WIB

Konversi BBM ke BBG

Pemerintah Bangun 108 SPBLGV di Jawa-Bali

Oleh : Tio Sukanto | Senin, 16 Januari 2012 | 20:49 WIB
Pemerintah Bangun 108 SPBLGV di Jawa-Bali
Dirjen Migas Kementerian ESDM, Evita H Legowo - inilah.com
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Untuk mendukung program konversi BBM ke BBG, pemerintah berencana membangun 108 SPB LGV (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Liquid Gas for Vehicle) di wilayah Jawa-Bali di tahun ini.

Demikian disampaikan Dirjen Migas Kementerian ESDM, Evita H Legowo saat ditemui di Gedung DPR, Jakarta Senin (16/1). "Bersamaan dengan pembatasan BBM subsidi, kita juga akan bangun sebanyak 108 SPBLGV di Jawa-Bali," kata Evita.

Evita mengatakan, pembangunan pertama akan mulai dilakukan diwilayah DKI Jakarta sebanyak 16 unit, Mei 5 unit di Banten, Juni 8 unit di Jawa barat, 13 unit di Banten dan Jawa tengah bulan Juli, 21 unit di Jawa Barat, Jawa Timur dan DIY pada Agustus, kemudian 20 Unit di Jawa Tengah dan Bali pada September.

Pembangunan 22 unit bulan Oktober di DIY dan Jatim dan 3 Unit terakhir baru akan dibuat di Bali pada bulan November. "Untuk investasi satu unit SPBLGV setidaknya dibutuhkan dana Rp1,5 miliar," beber Evita.

Sementara terkait mekanisme pembangunannya pemerintah menunjuk kepada Pertamina. "Janjiannya antara kami dan pertamina. Ada yang dibantu kami dan dikerjakan pertamina. Dan itu diambil dari akan ada penugasan kepada pertamina untuk dua itu," jelas Evita.

Selain membangun SPBLGV pemerintah juga akan membangun sebanyak 54 stasiun CNG di JawaIbali diperiode yang sama. "Yang satu adalah infrastuktur CNG dan LGV (liquid gas for vehicle), tapi nanti karen saat ini kita belum ada hitung-hitungannya tapi nanti ada yang dari kami dan dikerjakan pertamina," tambahnya. [hid]

Komentar

Embed Widget
x