Find and Follow Us

Minggu, 15 Desember 2019 | 18:04 WIB

PT POS Luncurkan Prangko Shio Naga Air

Selasa, 17 Januari 2012 | 22:27 WIB
PT POS Luncurkan Prangko Shio Naga Air
inilah.com
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta PT Pos Indonesia hari ini mengeluarkan seri terbaru prangko Naga Air yang sesuai dengan shio tahun 2012 yaitu tahun Naga.

Peluncuran seri prangko ini diselenggarakan PT Pos Indonesia dengan dukungan dari Lembaga Kerjasama Ekonomi, Sosial dan Budaya Indonesia China (LIC) serta Grand Indonesia yang menjadi tempat pelaksanaan acara, serta dihadiri oleh pengurus Perkumpulan Filatelis Indonesia (PFI).

PT Pos Indonesia secara rutin menerbitkan seri prangko bertema shio sejak tahun 2007 dan tahun ini telah memasuki tahun keenam. Langkah PT Pos Indonesia menerbitkan prangko bertema shio ini bisa memenuhi harapan para filatelis lokal dan mancanegara, terutama masyarakat Tionghoa Indonesia yang juga banyak menjadi pencinta filateli.

"Salah satu fungsi prangko adalah sebagai perekam peristiwa dan sebagai media perekat antar bangsa. Prangko dengan tema shio merupakan perwujudan pembauran budaya antar bangsa dan warga Negara, antara budaya Indonesia dan budaya Tionghoa," kata Direktur Utama PT Pos Indonesia,I Ketut Mardjana.

Prangko seri Naga yang dikeluarkan kali ini terdiri dari tiga bagian. Prangko seri Tahun Naga kali ini terdiri dari prangko Naga dan Burung Hong dengan latar belakang Kelenteng Hok Ceng, Pulau Kemaro, Palembang; prangko Sepasang Naga dan Kylin dengan latar belakang Kelenteng Tri Dharma Raya, Singkawang; dan Naga dan Burung Hong dengan latar belakang Pagoda Watu Gong, Semarang. Sementara souvenir sheet nomor satu menampilkan desain Sepasang Naga dengan latar belakang Kelenteng Sam Poo Kong, Semarang.

Naga, khususnya Naga Air, disebut-sebut memiliki keseimbangan logika dan kreativitas yang akan mendorong kemampuan untuk melayani, sadar lingkungan, dan menyisihkan ego demi kebaikan semua.

Bila dilihat dalam perspektif keadaan dunia pada umumnya, maka tahun 2012 bisa menjadi momentum untuk membatasi pemanasan global, memberi perhatian yang besar terhadap kesehatan, ketimpangan sosial dan kelaparan dunia. Ini adalah harapan yang ingin disampaikan melalui penerbitan prangko seri Naga sekaligus tantangan yang harus dijawab.

Dalam kesempatan itu, PT Pos Indonesia juga menerbitkan 30.000 mini sheet dengan harga Rp15.000 per set dan 30.000 Souvenir Sheet dengan harga Rp5.000 per set. Sampul Hari Pertama (SHP) dicetak sebanyak 4.000 set dengan harga Rp9.500 per set dan Sampul Hari Pertama (SHP) Souvenir Sheet dicetak sebanyak 4.000 set dengan harga Rp7.000 per set. Selain itu diterbitkan pula Kemasan Filateli yang dicetak sebanyak 4.000 set dengan harga Rp30.000.

Komentar

x