Minggu, 23 November 2014 | 21:18 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Gali Potensi Wisata, Kabupaten Bogor Butuh BUMD
Headline
Potensi pariwisata yang cukup besar di Kabupaten Bogor, perlu mendapat perhatian serius. Pasalnya, kondisi sekarang ini potensi tersebut belum tergali secara optimal. - istimewa
Oleh: Dian Prima
ekonomi - Senin, 23 Januari 2012 | 21:20 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Bogor- Potensi pariwisata yang cukup besar di Kabupaten Bogor, perlu mendapat perhatian serius. Pasalnya, kondisi sekarang ini potensi tersebut belum tergali secara optimal.

Kehadiran Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang khusus menangani sektor pariwisata tampaknya perlu dibentuk sebagai solusi menggali potensi wisata Kabupaten Bogor. Kehadiran BUMD pun dituntut profesional dalam menggali potensi wisata yang ada di Kab. Bogor.

Anggota DPRD Kabupaten Bogor Rifdian Suryadharma mengatakan, untuk mengurusi potensi besar yang dimiliki sektor pariwisata, Pemkab Bogor bisa membentuk BUMD baru. "Sektor pertambangan yang juga memiliki potensi besar sudah memiliki BUMD. Sektor pariwisata pun bisa mengikuti jejak pertambangan ini untuk dibuat BUMD-nya," tutur Rifdian.

Kehadiran BUMD ini tidak akan berbenturan dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan yang selama ini mengurusi sektor pariwisata di Kabupaten Bogor. Justru akan membantu dinas tersebut dalam menggali potensi yang selama ini belum tergali.

"Bisa dipisahkan nanti, dinas khusus mengurus administrasi pariwisata, sedangkan BUMD yang dibentuk khusus mengurusi cara dan upaya meningkatkan sektor pariwisata secara profesional. Saya rasa tidak akan ada benturan kalau BUMD ini dibentuk," ungkapnya.

SKPD yang ada sekarang ini, bisa lebih konsen mengurusi sisi aturan. Sedangkan BUMD bisa lebih konsetrasi mencari terobosan-terobosan yang bisa menjual potensi pariwisata yang ada di Kab. Bogor. "Tentu saja ini akan mendongkrak PAD dari sektor pariwisata," tegasnya.

Sebelumnya, wacana pembentukan BUMD ini sudah sempat dilontarkan oleh beberapa LSM yang ada di Kabupaten Bogor. Bupati Bogor Rachmat Yasin pun sudah memberi sinyal akan membentuk BUMD-BUMD baru dalam upaya mendongkrak PAD Kabupaten Bogor. Salah satunya wacana pembentukan BUMD pertambangan dan energi.

"Kalau bupati sudah mewacanakan pembentukan BUMD pariwisata, seharusnya dinas terkait segera merumuskan konsep dari BUMD tersebut. Harus gerak cepat dan aktif dalam merumuskan BUMD ini. Karena dengan wacana yang sudah digulirkan Bupati, artinya sudah ada sinyal positif untuk segera membentuk BUMD ini," tegasnya.[ang]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER