Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 25 Juni 2017 | 08:50 WIB

Korupsi Proyek Infrastruktur Mencapai 40%

Oleh : Dian Ichsan Siregar | Rabu, 15 Februari 2012 | 12:40 WIB
Korupsi Proyek Infrastruktur Mencapai 40%
inilah.com/Wirasatria
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Pembangunan sektor infrastruktur di Indonesia masih berjalan lambat karena ada salah satu faktor yaitu korupsi.

Studi kajian World Bank menyebutkan indikasi korupsi di proyek infrastruktur terlihat tinggi hingga 40%. "Ada beberapa hal yang menghambat pembangunan, yaitu inefisiensi birokrasi, pembebasan lahan, infrastruktur, pendanaan, tingginya biaya logistik serta pembangunan yang hanya terpusat di daerah Jawa dan sektor industri dan jasa," ujar pengamat ekonomi Ahmad Erani Yustika dalam acara diskusi 'Memacu Infrastruktur dan Konektivitas Antar Daerah Guna Mengoptimalkan Pertumbuhan Ekonomi Nasional' di Jakarta, Rabu (15/2/2012).

Menurutnya, untuk infrastruktur yang terbatas dan juga menghambat pembangunan, biaya logistik tinggi dan mengakibatkan ruang untuk memperbesar upah makin kecil. Problem ekonomi yang dihadapi Indonesia pun karena adanya daya saing ekonomi rendah khususnya dibandingkan dengan negara tetangga, biaya logistik besar dibandingkan dengan negara lain.

Erani menambahkan ada juga ketimpangan pembangunan yang belum dapat ditangani serta disparitas pertumbuhan sektoral yang terus berlangsung dari tahun ke tahun. [cms]

 
x