Find and Follow Us

Sabtu, 7 Desember 2019 | 06:55 WIB

DPR Tunggu Putusan MK Soal Newmont

Oleh : Dian Ichsan Siregar | Rabu, 22 Februari 2012 | 17:32 WIB
DPR Tunggu Putusan MK Soal Newmont
IST
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - DPR menunggu ketetapan Mahkamah Konstitusi (MK) untuk memutuskan kebiajakan pemerintah dalam pembelian divestasi 7% saham PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT).

Demikian dikatakan Ketua Komisi XI DPR, Emir Moeis. "Kalau pemerintah tetep menginginkan divestasi newmont sekitar 7 persen biarkan saja, karena nantinya tetap MK sendiri lah yang menetapkan itu semua. Dan pemerintah sendiri menganggap tidak perlu ke DPR," ujarnya di sela-sela pelaksanaan uji kepatutan dan kelayakan anggota BPK di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (22/2/2012).

Menurutnya, pemerintah harus mengikuti keputusan MK dalam proses divestasi 7% saham Newmont. Sebab dalam UU Keuangan Negara, penggunaan dana oleh pemerintah harus seijin DPR dan dana yang digunakan seharusnya untuk proyek infrastruktur.

Lanjut Emir, kalau pemerintah tetap ingin melakukan pembelian maka harus menggunakan BUMN sektor pertambangan. Dalam hal ini, PT Aneka Tambang (persero) dapat ditunjuk untuk melakukan hal tersebut. "Jadi gunakan lah Antam dalam melakukan proses divestasi tersebut," harapnya.

Pemerintah membeli divestasi saham Newmont melalui Pusat Investasi Pemerintah (PIP) dengan nilai US$246,8 juta melalui dana yang berada di Pusat Investasi Pemerintah (PIP) pada awal tahun 2011 lalu. Harga ini sedikit berada di bawah harga penawaran awal yang sebesar US$271,6 juta. [hid]

Komentar

Embed Widget
x