Kamis, 2 Oktober 2014 | 01:18 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Purwakarta Yakin Pendapatan Pajak Lebihi Target
Headline
Tahun ini target capaian pajak daerah Kabupaten Purwakarta ditetapkan sebesar Rp82,53 miliar. Besaran target tersebut didasari overtargetnya pendapatan tahun sebelumnya. - ilustrasi
Oleh: Asep Mulyana
ekonomi - Jumat, 6 April 2012 | 14:09 WIB
Berita Terkait

INILAH, Purwakarta – Tahun ini, target capaian pajak daerah Kabupaten Purwakarta ditetapkan sebesar Rp82,53 miliar. Besaran target tersebut didasari overtargetnya pendapatan tahun sebelumnya.

Selain itu juga adanya peluang cukup besar penggalian potensi daerah. Salah satunya dari sektor pajak Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), yang sejak tahun lalu tidak lagi dikelola oleh pemerintah pusat.

Kepala Bidang Penggalian Potensi dan Penetapan Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Purwakarta, Rahmat Pardede menyebutkan, pajak daerah tahun lalu, dari target Rp49,27 miliar, mampu terealisasi Rp54,58 miliar, atau surplus 10%.

Pendapatan terbesarnya bersumber dari BPHTB yang mencapai Rp22,44 miliar. Begitu pula Pajak Penerangan Jalan (PPJ) sebagai penyumbang terbesar kedua dalam pendapatan pajak mencapai Rp19,477 miliar.

“Kami optimistis realisasi dari target itu bisa surplus 110%. Hal tersebut menilik dari tren pendapatan pajak daerah setiap tahun menunjukkan grafik peningkatan dengan angka kenaikan stabil. Selain itu hasil kajian atas capaian pajak daerah menyimpulkan adanya perkembangan signifikan terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) di tahun ini,”kata Rahmat, Jumat (6/4).

Disebutkan Rahmat, tahun ini capain dari target Rp82, 53 miliar tersebut baru sebesar Rp17,84 miliar atau 21,62%. Jumlah itu pun baru berjalan tiga bulan sejak Januari 2012. Sehingga masih adanya waktu cukup luang untuk menggenjot pendapatan hingga mencapai surplus kembali. Dengan andalan utamanya tetap BPHTB yang ditarget Rp44,01 miliar, dan baru teralisasi Rp8,85 miliar atau 19,28%.

Selain itu, lanjut dia, peluang menggali pendapatan dari setor BPHTB cukup besar. Sebab tahun ini banyak pembukaan lahan baru, baik untuk kepentingan industri maupun perumahan. Selain sumber-sumber pajak lain yang terus kita genjot pendapatannya.[ito]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER