Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 30 Juli 2015 | 21:09 WIB
Hide Ads

Harga BBM Tetap, Menkeu Coret Anggaran Sosial

Oleh : Tio Sukanto | Jumat, 13 April 2012 | 16:54 WIB

Berita Terkait

Harga BBM Tetap, Menkeu Coret Anggaran Sosial
Agus Martowardojo - inilah.com

INILAH.COM, Jakarta - Pemerintah memastikan anggaran-anggaran untuk kegiatan sosial, kesehatan, pendidikan, infrastruktur dan kegiatan penting untuk masyarakat harus ditunda terlebih dahulu. Hal itu seiring dengan tidak disesuaikannya harga bahan bakar minyak pada tahun ini.

Demikian disampaikan Menteri Keuangan, Agus Martowardojo saat ditemui di kantor Kementerian Keuangan, Jum'at (13/4/2012). "Ini sesuatu yang terkait dengan pilihan. Kalau memang harga minyak dunia tetap meningkat ya tentu kita harus lakukan penyesuaian harga bbm, kalau tidak nanti anggaran-anggaran lain tentu harus dialokasi untuk menutupi peningkatan susbsidi energi, dan itu tentu buat pos-pos kegiatan yang lain seperti sosial, infrastruktur dan untuk kegiatan yang penting untuk masayarakat lainnya itu harus ditunda," kata Agus.

Terkait tertahannya anggaran tersebut dirinya menekankan pentingnya pembatasan bbm subsidi, agar tidak terlalu besar.

"Kalau dilihat dari prioritasnya, kita harus batasi subsidi energi ini agar tidak terlalu besar. Tapi inget ya, itu terpaksa dikurangi untuk cost lainnya, kalau memang kita tidak melakukan penyesuaian harga bbm subsidi," ujar Agus.

Beberapa anggaran yang tertahan tambah Agus misalnya, dana-dana penyesuaian, untuk kompensasi dan dana-dana yang sifatnya nonoperasional. "Akan kita tahan karena suatu kondisi yang harus kita jaga bbm subsidi tidak kita naikan. Semantara cost anggaran belanjanya meningkat, jadi kita harus seimbangkan dengan pengeluaran anggaran-angaran," jelasnya. [hid]

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.