Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 21 April 2015 | 21:35 WIB
Hide Ads

Menkeu Dukung Kim Jadi Presiden Bank Dunia

Oleh : Mosi Retnani Fajarwati | Selasa, 17 April 2012 | 13:32 WIB
Menkeu Dukung Kim Jadi Presiden Bank Dunia
Menteri Keuangan Agus Martowardojo - inilah.com

INILAH.COM, Jakarta - Menteri Keuangan Agus Martowardojo yakin terpilihnya Jim yong-Kim sebagai presiden Bank Dunia, kandidat andalan AS, telah sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan.

"Jadi Kim yang didukung AS ini, kelihatannya dalam seleksi yang dilakukan oleh eksekutif direktur dari perwakilan negara-negara dunia, bisa membuktikan dia mempunyai kompetensi dan prudensial yang baik," papar Agus Marto di Jakarta, Selasa (17/4/2012).

Ia pun menyambut baik terpilihnya Kim sebagai presiden Bank Dunia. "Kita sambut baik terpilihnya presiden Bank Dunia yang baru," tuturnya.

Menurutnya, kendati Kim memiliki latar belakang pengalaman yang kuat di bidang kesehatan namun wawasannya cukup memadai untuk memimpin lembaga keuangan bergengsi tersebut.

"Dan kita mengikuti bahwa figur ini walaupun background-nya ada dalam bidang kesehatan, tetapi perluasan wawasannya sudah memadai. Dan dia juga menjadi pimpinan di universiti yang terpandang dan dia merupakan advisor PBB dan figur ini adalah figur orang Korea-AS," jelasnya.

Agus Marto berharap dengan terpilihnya Kim maka kinerja Bank Dunia bisa lebih baik dari saat ini. "Jadi kalau Mr Kim terpilih kita harapkan dia bisa membawa bank dunia lebih baik ke depan," pungkasnya.

Pada Senin (16/4/2012), Bank Dunia memilih seorang dokter Amerika Serikat keturunan Korea Selatan, Jim Yong-kim, sebagai pemimpinnya. Kim merupakan calon yang diajukan Presiden Barack Obama. Ia bersaing ketat dengan calon dari Nigeria, Ngozi Okonjo-Iweala.

Dr Kim akan menggantikan Robert Zoellick yang telah memegang jabatan tertinggi di Bank Dunia sejak tahun 2007.

Sebagai informasi, calon ketiga yang berasal dari Kolombia, yaitu Jose Antonio Ocampo, menarik diri pada Rabu pekan lalu. [cms]

Berita Terkait Lainnya

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.