Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 20 Oktober 2017 | 06:37 WIB

Kantor Cabang Manajer Investasi di Daerah Minim

Oleh : Mosi Retnani Fajarwati | Jumat, 20 April 2012 | 18:39 WIB
Kantor Cabang Manajer Investasi di Daerah Minim
Ist
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) mengimbau manajer investasi untuk membuka cabang di daerah-daerah.

Kepala Biro Pengelolaan Investasi Bapepam-LK Fakhri Hilmi mengatakan, hal ini agar jumlah investor reksa dana kian meningkat dan tidak hanya terpusat di ibukota saja. Pihaknya telah menyiapkan beberapa langkah untuk meningkatkan jumlah investor reksa dana untuk jangka waktu 3-5 tahun ke depan. Hal ini terutama difokuskan untuk wilayah Indonesia timur.

"Langkah pertama maping dulu, dari maping ini kita tahu. Misalnya saja Maluku baru 5 orang, Sulawesi Barat 2 orang. Di timur memang kurang," tuturnya Jumat (20/4/2012).

Selain itu, Bapepam-LK juga akan terus melakukan sosialisasi kepada calon-calon investor. "Langkah strategis lainnya yaitu membuka kantor cabang MI (manajer investasi). Sekarang ini semua mengumpul di Jakarta semua. Gimana kalau (investor) di daerah mau naik, kalau representatif di daerah gak ada," paparnya.

Ia berharap, manajer-manajer investasi mau membuka cabang di daerah untuk menodngkrak jumlah investor. "Langkah strategis sekali lagi masih sifatnya wacana belum program yang konkrit, pembukaan kantor cabang MI," jelasnya.

Berdasar data Bapepam-LK per April 2012 dari total investor 138.765 investor, sebanyak 52.435 investor berasal dari Jakarta, 23.435 investor berasal dari Jawa Barat, 19.937 investor berasal dari Jawa Timur 10.983 investor berasal dari Sumatera Utara, dan sisanya berasal dari daerah lainnya. [hid]

Komentar

 
x