Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 22 September 2017 | 15:30 WIB

Regulasi Masalah Krusial Pekerja Segera Rampung

Oleh : Tio Sukamto | Senin, 23 April 2012 | 21:00 WIB
Regulasi Masalah Krusial Pekerja Segera Rampung
Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Muhaimin Iskandar - Inilah.com
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi mempercepat pembahasan sistem regulasi dalam bidang ketenagakerjaan untuk menyelesaikan tiga permasalahan krusial bagi pekerja.

Pembahasan krusial tersebut mengenai masalah sistem pengupahan nasional, sistem outsourcingatau kontrak kerja, dan sistem jaminan sosial bagi pekerja/buruh ini melibatkan unsur serikat perkerja/buruh dan asosiasi pengusaha.

Demikian disampaikan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Muhaimin Iskandar saat ditemui di kantor Kemnakertrans Jakarta Senin (23/4/2012). "Dukungan sistem regulasi berperan penting tidak hanya memperbaiki hubungan industrial antara pengusaha dan pekerja/buruh, tapi juga sebagai upaya dalam meningkatkan kesejahteraan pekerja/buruh di Indonesia," kata Muhaimin.

Muhaimin mengatakan, pembahasan intensif sistem regulasi disesuaikan perkembangan dan dengan kondisi terkini dari ketenagakerjaan nasional dengan mempertimbangkan kepentingan pengusaha maupun pekerja/buruh. Sementara mengenai sistem pengupahan nasional pemerintah saat ini bersama dengan Tripartit Nasional (wakil serikat pekerja/serikat buruh, wakil pengusaha dan wakil pemerintah) tengah membahas komponen KHL (kebutuhan hidup layak).

Muhaimin berharap pada akhir April mendatang, pembahasan tentang komponen KHL dapat selesai, sehingga secara otomatis akan memperbaiki nilai upah yang diterima pekerja/buruh. "Dengan upah pekerja/buruh yang mempertimbangkan faktor KHL di berbagai daerah maka secara pasti tingkat kesejahteraan pekerja pun akan membaik," ujar dia. [tjs]

 
Embed Widget

x