Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 25 Mei 2015 | 16:17 WIB
Hide Ads

BEI, Bursa Paling Menawan

Oleh : Bastaman | Kamis, 26 April 2012 | 14:27 WIB
BEI, Bursa Paling Menawan
inilah.com/Wirasatria

INILAH.COM, Jakarta -Manajemen Bursa Efek Indonesia (BEI) pantas merasa bangga. Soalnya, dalam daftar yang dibuat oleh Morgan Stanley, pasar modal kesayangan kita itu masuk dalam urutan kelima dari 20 bursa di dunia.

Salah satu keunggulan dari BEI adalah return on equity (ROE) yang berada diperingkat ketiga. Laba bersih per saham pun (earning per share) juga lumayan bagus, sekitar 12,6%.

Itu pula sebabnya, jika dibandingkan dengan pasar saham lainnya, BEI termasuk pasar modal terfavorit. Indonesia hanya di bawah China, Rusia, Malaysia, dan Korea Selatan. Indikator-indikator itulah yang membuat bursa Indonesia, menurut Morgan Stanley, tetap menarik. Terutama bagi invetor asing. Bahkan bursa Indonesia tahun ini diprediksi bisa tumbuh 25%.

Tak hanya Morgan Stanley, sebelumnya lembaga keuangan internasional (IMF) juga telah menempatkan BEI diurutan ketiga sebagai pasar modal yang berhasil mencatatkan pertumbuhan terbaik di saat bursa dunia mencatatkan pertumbuhan negatif akibat terkena dampak krisis utang di Eropa. Pesaing terdekat bursa Indonesia adalah India dan Filipina.

Hanya saja, emiten yang melantai di BEI masih tergolong minim. Bandingkan dengan pasar modal India yang diramaikan oleh lebih dari 5.000 emiten serta ratusan juta investor. Namun begitu, prestasi BEI yang dipimpin oleh Ito Warsito boleh dibilang luar biasa. Bagaimana tidak? Jika dihitung sejak Ito memimpin BEI pada tahun 2009, sampai saat ini IHSG telah mengalami kenaikan sekitar 1.770 poin atau 74% dari 2.380 ke 4.150.

Namun ada yang bilang, peraih MBA dari Harvard Business School itu cukup beruntung. Ito memimpin BEI ketika indeks sedang rebound, setelah bursa ambruk dipenghujung 2008. Juni depan masa jabatan Ito akan habis. Ia akan bersaing dengan dua kandidat untuk memperebutkan kursi Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia. Nah, apakah prestasi yang diraih BEI akan memuluskan Ito untuk memimpin kembali BEI? Lihat saja nanti. [tjs]

Berita Terkait Lainnya

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.