Rabu, 22 Oktober 2014 | 08:34 WIB
Follow Us: Facebook twitter
3 Tahun Lagi Produksi Pertamax Bakal Melonjak
Headline
inilah.com/Wirasatria
Oleh: Tio Sukanto
ekonomi - Sabtu, 28 April 2012 | 16:25 WIB

INILAH.COM, Jakarta - PT Pertamina (Persero) memprediksi dalam waktu 2-3 tahun ke depan produksi bahan bakar minyak jenis pertamax bakal bertambah, seiring dengan rampungnya proses upgrading Kilang Cilacap.

Saat ini produksi minyak dari kilang Cilacap mencapai 3,8 juta kilo liter per tahun. Demikian diungkapkan Direktur Pengolahan Pertamina, Chrisna Damayanto, kepada INILAH.COM di Jakarta, Jumat (27/4/2012).

"Kilang Cilacap saat ini masih dalam konstruksi, paling tidak 2-3 tahun selesai. Kalau itu selesai, maka produksi pertamax di Kilang Cilacap akan seperti Kilang Balongan," kata Chrisna. Produksi pertamax Kilang Balongan saat ini adalah sebesar 74 ribu KL per hari.

Lebih lanjut Chrisna mengatakan, selain tambahan dari Kilang Cilacap, produksi pertamax juga direncanakan akan ditambah dari Kilang Plaju, Kilang Dumai dan Kilang Balikpapan. "Yang paling cepat Kilang Plaju akan beroperasi di 2013, untuk Kilang Cilacap 2014-2015 bisa berproduksi 104 ribu barel per hari, sedangkan untuk Kilang Dumai dan Balikpapan di 2016 dan 2017," ujar Chrisna.

Sesuai dengan program yang direncanakan Pertamina, produksi pertamax pada tahun ini akan mencapai 1 juta KL. Sementara pada 2013 menjadi 1,85 juta KL, 2014 menjadi 2,12 juta KL, dan sampai 2018 menjadi 19,99 juta KL. Saat ini Pertamina memiliki 6 kilang yang mengolah 1.031 juta barel minyak mentah per hari. [mre]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER