Minggu, 21 September 2014 | 17:05 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Majalah InilahREVIEW Edisi ke-35
Yang Tersenyum Karena Pembatasan BBM
Headline
Inilah.com
Oleh: Iwan Purwantono
ekonomi - Senin, 30 April 2012 | 09:30 WIB
Berita Terkait

TIGA pemain asing yang sudah lama menggarap pasar BBM nonsubsidi di Indonesia, yakni Shell, Total, dan Petronas, kini boleh jadi bisa tersenyum. Ini, lantaran pemerintah bakal mengeluarkan aturan yang membatasi pemakaian premium bersubsidi. Sebab, dengan pembatasan ini, produk yang mereka jual makin terbuka dibeli oleh masyarakat.

Shell, yang memiliki 45 SPBU, kini menjual BBM beroktan 92 dengan nama produk Super 92. Untuk BBM beroktan 95, Shell menamainya Super Extra 95. SPBU Shell juga menjual BBM solar.

Seperti Shell, Petronas punya 19 SPBU, kebanyakan di Jabodetabek. SPBU asal Malaysia ini menjual bensin beroktan 92 disebut sebagai Primax 92, dan Primax 95 untuk bensin beroktan 95. Petromas juga menjual BBM jenis solar.

Dari tiga pemain asing, hanya Total yang jarang terlihat. Maklum perusahaan asal Perancis ini baru buka tahun 2009 dan baru memiliki 5 SPBU. SPBU Total menjual bensin beroktan 92 dengan nama Performance 92, dan Total Performance 95 untuk bensin beroktan 95. Total juga menjual BBM jenis solar.

Dibandingkan Pertamina, market share tiga pemain asing tersebut tidak ada apa-apanya. Maklum, Pertamina adalah pemain lama di bisnis distribusi BBM di Indonesia. Saat ini Pertamina memiliki ribuan SPBU yang tersebar di seluruh Indonesia.

Pertamina adalah satu-satunya yang menjual BBM bersubsidi, dengan nama produk premium. Pertamina juga menjual BBM berkualitas lebih tinggi beroktan 92 yang disebut pertamax, BBM beroktan 95 dinamai pertamax plus. SPBU Pertamina juga menjual BBM jenis solar, terdiri dari solar biasa dan solar pertamax DEX yang ramah lingkungan karena kandungnan sulfurnya rendah.

Tapi setidaknya, pembatasan BBM bersubsidi jenis premium membawa berkah bagi Shell, Total, dan Petronas. Soalnya, pemilik mobil ber-cc 1.500 ke atas kini punya pilihan untuk mengisi pertamax.

Selengkapnya, artikel ini bisa disimak di majalah InilahREVIEW edisi ke-35 yang terbit Senin, 30 April 2012. [tjs]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER