Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 28 April 2017 | 13:13 WIB

Dahlan Iskan: Keterlaluan, BUMN Pakai Outsourcing

Oleh : Charles MS | Selasa, 1 Mei 2012 | 14:44 WIB
Dahlan Iskan: Keterlaluan, BUMN Pakai Outsourcing
Menteri BUMN Dahlan Iskan - Inilah.com/Wirasatria
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Menteri BUMN Dahlan Iskan mengkritik penerapan sistem kerja outsourcing di perusahaan BUMN. "Ini membuat karyawan BUMN jadi malas, karena pekerjaan mereka banyak diserahkan kepada karyawan kontrak," tandasnya di Jakarta, Selasa (1/5/2012).

Menurut Dahlan, tidak etis jika pekerjaan yang seharusnya dikerjakan oleh pegawai BUMN, itu diserahkan kepada pekerja outsourcing. "Ini kan keterlaluan," tukasnya.

Dahlan melihat, BUMN yang memiliki karyawan dengan jumlah besar, ternyata masih mempekerjakan karyawan kontrak dengan pengalihan tugas-tugas penting kepada karyawan kontrak tersebut. "Apalagi, pekerjaan karyawan kontrak juga biasanya lebih berat dibandingkan dengan pegawai BUMN. Akibatnya ada perasaan ketidakadilan," tegasnya.

Dahlan juga mengakui keberadaan tenaga outsourcing ini bisa menimbulkan isu ketidakadilan, karena banyak karyawan tetap BUMN dan karyawan kontrak dengan tugas yang sama, namun penghasilan yang berbeda. "Sehingga, kalau saya mempekerjakan karyawan kontrak, maka tugas utama tidak boleh diserahkan kepada tenaga outsource," katanya. [tjs]

x