Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 31 Januari 2015 | 04:30 WIB
Hide Ads

Ekspansi Kredit Lampaui Perkiraan BI

Oleh : Agustina Melani | Senin, 7 Mei 2012 | 13:17 WIB
Ekspansi Kredit Lampaui Perkiraan BI
IST

INILAH.COM, Bandung Ekspansi kredit di dalam negeri selama kuartal I-2012 melonjak melebihi perkiraan Bank Indonesia (BI). Kredit inilah yang kemudian mamacu perekonomian sehingga mampu menjaga pertumbuhan ekonomi.

"Minggu keempat April saja total kredit sementara tumbuh 26% dan itu lebih tinggi dari yang kita duga. Perkiraan kredit tumbuh sebesar 23%-24%," tutur Deputi Gubernur Bank Indonesia Halim Alamsyah, di sela-sela acara 2nd Bank Indonesia International Seminar on Islamic Finance di Bandung, Senin (7/5/2012).

Pertumbuhan kredit itu masih didorong oleh pertumbuhan kredit modal kerja dan investasi. Pertumbuhan kredit konsumtif memang agak melambat namun tidak terlalu tajam.

Bank Indonesia mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal I 2012 cenderung lesu karena terhambat kelesuan ekonomi China. Akibat kinerja China melemah, ekspor berbagai komoditas dari Indonesia tertahan. Pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal pertama 2012 menurun menjadi 6,3% dibandingkan kuartal pertama 2011 sebesar yang mencapai 6,5%.

"Situasi ekonomi global terutama di kawasan Asia menurun terutama China. Ekspor kita menurun kecuali untuk beberapa jenis barang tambang dan perkebunan."

Halim menilai, pertumbuhan ekonomi itu akan berlanjut dan di kuartal II 2012 nanti, pertumbuhan akan berkisar pada 6,3%-6,5% pada 2012 dengan catatan pemerintah memberikan kepastian menyikapi kenaikan harga minyak dunia. [tjs]

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

30221

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.