Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 19 November 2018 | 09:07 WIB

Bank Nagari Perluas Jaringan Nasional

Oleh : Charles MS | Rabu, 23 Mei 2012 | 17:32 WIB

Berita Terkait

Bank Nagari Perluas Jaringan Nasional
IST

INILAH.COM, Jakarta - Untuk memperluas bisnisnya, Bank Nagari berencana menambah kantor cabang baru di berbagai kota di Indonesia. Salah satunya, sebuah kantor cabang baru di Jakarta.

Hal ini disampaikan Direktur Utama BPD Sumatera Barat Bank Nagari menjawab pertanyaan salah satu calon investor dalam acara Due Dilligence Meeting & Public Expose Penawaran Umum Obligasi Subordinasi II di Jakarta, Rabu (23/5/2012) kenapa Bank Nagari terlihat kurang begitu agresif mengembangkan bisnisnya ke daerah provinsi lain di luar Sumbar.

"Kita juga ingin mengembangkan jaringan di tingkat nasional. Tahun depan kita berencana mengembangkan jaringan di kota-kota besar, tapi bertahap," ujarnya.

Saat ini Bank Nagari sudah memiliki empat kantor cabang di Jakarta. "Kita berencana membuka satu jaringan lagi di sini (Jakarta)," ungkapnya.

Secara total, Bank Nagari sudah memiliki 30 kantor cabang dan 40 cabang pembantu yang mayoritas terdapat di Sumatera Barat. Selain empat cabang di Jakarta, Bank memiliki dua cabang di Bandung, tiga di Pekanbaru.

Adapun market share Bank Nagari di Sumatera Barat mencapai 25%-30% dari 28 bank yang ada di provinsi ini. Sementara dari sisi kredit, Bank Nagari memiliki market share sebesar 27%-31%, penghimpunan dana masyarakat 27%-35%. Pada kuartal I 2012 penghimpunan dana pihak ketiga (DPK) Bank Nagari mencapai Rp12 triliun.

Adapun sumber pembiayaan Bank Nagari masih didominasi deposito sebesar 51% dan sisanya dari dana murah seperti tabungan dan giro. "Hal ini disebabkan karena persaingan yang ketat di pasar. Dalam menghadapi persaingan ini, pada 2011 Bank juga terpaksa menurunkan suku bunga kredit yang menyebabkan turunnya pendapatan," tuturnya. [tjs]

Komentar

Embed Widget
x