Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 18 Oktober 2017 | 08:53 WIB

BPS Belum Lihat Rupiah Gerogoti Neraca Perdagangan

Oleh : Mosi Retnanti Fajarwati | Jumat, 1 Juni 2012 | 15:34 WIB
BPS Belum Lihat Rupiah Gerogoti Neraca Perdagangan
Inilah.com
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta Badan Pusat Statistik (BPS) mengklaim belum melihat neraca perdagangan tergerogoti rupiah yang nilai tukarnya terhadap dolar AS terus merosot. Ini dimungkinkan karena BPS baru mencatat perdagangan dua bulan lalu, sedangkan kemerosotan rupiah terjadi belum lama ini.

"Sepertinya kalau untuk sekarang belum terpengaruh. Karena pelemahan rupiah yang besar kan baru-baru kemarin ini. Sedangkan data ekspor impor kita ini data dua bulan yang lalu," jelas Direktur Statistik Distribusi Badan Pusat Statistik (BPS) Satwiko Darmesto, di Jakarta, Jumat (1/6/2012).

BPS berharap pelemahan rupiah tidak memberikan pengaruh pada ekspor yang bakal berdampak neraca perdagangan Indonesia. "Mudah-mudahan tidak berpengaruh besar (ke ekspor), yang pasti para pengekspor juga akan menyiasati agar tetap bisa ekspor," ungkap Satwiko.

BPS mencatat, neraca perdagangan Indonesia defisit sebesar US$641,1 juta pada April 2012, seiring penurunan ekspor ke sejumlah negara yang menjadi pasar tradisional Indonesia. Ekspor Indonesia pada April hanya US$15,98 miliar atau turun 7,36% dari Maret, sedangkan impor mencapai US$16,62 miliar atau naik 1,82% dari Maret.

Defisit itu bukan yang pertama kali terjadi. Pada April dan Juli 2008 serta Juli 2009 terjadi hal serupa sebagai dampak krisis di Amerika Serikat. [tjs]

Komentar

 
x