Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 20 Oktober 2017 | 06:30 WIB

Target 120 Ribu Wirausaha di Lokasi Transmigrasi

Oleh : Tio Sukanto | Jumat, 1 Juni 2012 | 16:31 WIB
Target 120 Ribu Wirausaha di Lokasi Transmigrasi
Muhaimin Iskandar - inilah.com/Agus Priatna
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi telah berhasil melatih dan mendidik 120.000 orang transmigran menjadi wirausahawan (entrepreneur ) sukses di kawasan transmigrasi yang tersebar di 44 Kota Terpadu Mandiri (KTM) di seluruh Indonesia.

Bahkan, untuk mempercepat lahirnya wirausahawan baru di lokasi transmigrasi Kemenakertran telah menfasilitasi pembentukan Himpunan Wirausaha Transmigrasi (HWTrans) di 10 lokasi KTM pada tahun 2011.

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar mengatakan kelompok wirausaha ini dibentuk sebagai wadah para pelopor kewirausahaan dalam menjalankan fungsi pendampingan, mitra, fasilitator kewirausahaan, akses permodalan, teknologi dan implementasi usaha di kawasan transmigrasi.

"Pemerintah berharap dapat terlahir lebih banyak lagi wirausahawan baru dari kawasan transmigrasi. Kehadiran wirausahawan dapat meningkatkan perekonomian, menciptakan lapangan kerja baru dan mempercepat pembangunan di kawasan transmigrasi," kata Menakertrans Muhaimin Iskandar di Jakarta Jumat (1/6/2012).

Muhaimin mengatakan kekayaan sumber alam yang tersedia di kawasan-kawasan transmigrasi membutuhkan adanya ketersediaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas yaitu memiliki fisik dan kesehatan yang prima serta mental yang kuat dan kecerdasan yang mumpuni.

"Sektor pertanian, perkebunan, kehutanan, peternakan dan bahari yang tersedia dikawasan transmigrasi harus dimanfaatkan oleh wirausahawan muda dan generasi muda yang pola pikirnya kreatif untuk membuka lapangan kerja baru," kata Muhaimin.

Selama ini, pihak Kemnakertrans telah menggelar pelatihan yang kewirausahaan disesuaikan dengan potensi sumber daya alam (SDA) yang tersedia di sekitar daerah transmigrasi.

Jenis pelatihan wirausaha meliputi berbagai budidaya, seperti budidaya ayam, sapi dan kambing, usaha konveksi, menjahit dan bordir. Selain itu, ada juga pelatihan tata rias pengantin, tata boga boga, bengkel motor, sablon dan percetakan, pengelasan, serta konstruksi skala kecil. [rus]

Komentar

 
x