Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 20 Oktober 2017 | 06:25 WIB

Terganjal Lahan, Kilang BBM Pindah ke Kalimantan

Oleh : Tio Sukanto | Selasa, 10 Juli 2012 | 16:28 WIB
Terganjal Lahan, Kilang BBM Pindah ke Kalimantan
Inilah.com
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Pemerintah berencana memindahkan lokasi pembangunan kilang BBM dari posisi sebelumnya di Tuban dan Balongan ke Kalimantan. Rencana tersebut diberikan menyusul lahan dikedua tempat tersebut tidak memungkinkan dibangun.

Demikian disampaikan Dirjen Migas Kementerian ESDM, Evita H Legowo saat ditemui di Jakarta Selasa (10/7/2012).

"Kemungkinan itu ada, tapi kita belum memutuskan. Sebab, kalau kita lihat di Tuban itu ada lahan tapi luasnya sepertinya kurang. Sedangkan di Balongan itu yang paling berat, bukan hanya mahal tapi juga harus mengurug dipadetin, belum ngambil tanahnya dari mana itu harus diperhitungkan. Jadi kita bukan hanya membangun kilang BBM tapi juga petro chemical supaya tetap ada marginnya," ungkap Evita.

Lebih lanjut Evita mengatakan, bahwa pembangunan kedua kilang tersebut bisa saja bukan dengan pihak Kuwait dan Saudi Aramco seperti yang dibicarakan saat ini. Namun, begitu pemerintah tetap berharap kedua kilang tersebut dapat beroperasi di 2018.

"Kalau ini kita masih mencari tempat terbaik, mungkin di Kalimantan. Pokoknya kita cari lahan yang sudah tersedia jadi tidak terlalu ribet lah dan tidak perlu mengurug segala," jelas Evita.

Sementara itu pemerintah menargetkan studi kelayakan antara Pertamina (Persero) dengan Saudi Aramco diberi waktu sampai dengan 2013. Bila memang tidak bisa diselesaikan maka akan dicari pantner baru. [rus]

Komentar

 
x